Diguyur Hujar Deras, Dalam Waktu 15 Menit 2 Kali Gunung Agung Alami Erupsi

  21 Januari 2019 PERISTIWA Karangasem

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Jelang pukul 17.00 Wita, Gunung Agung yang sejak akhir tahun 2017 diakabarkan mulai menunjukkan tanda-tanda akan meletus dan sempat pada status level IV (Awas). Senin 21 Januari 2019 kembali alami erupsi sebanyak dua kali dalam waktu 15 menit.
 
 
Dari catatan petugas pos pantau gunung api agung di Rendang Karangasem, letusan pertama terjadi pada pukul 16.45 Wita.
 
"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 1 menit 52 detik," Tulis petugas di Pos Pantau Rendang. "Kolom abu tidak teramati karena ketutup oleh kabut," sambungnya.
 
 
Ket foto : Gunung Agung pukul 09.37 wita, Senin (21/1)/Ist
 
Lanjutnya, pada pukul 17.00 Wita kembali terekam di seismogram adanya erupsi. Erupsi terekam dalam waktu 1 menit 17 detik.
 
Hingga saat ini, hujan lebat masih mengguyur kawasan Besakih dan sekitarnya termasuk wilayah Denpasar. Status Gunung Agung masih berada pada level III (Siaga).
 
 
Masyarakat di sekitar Gunung Agung diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak.
 
Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada saat ini hujan terus mengguyur deras.(BB)