Cegah Wabah DB, Kelurahan Bitera Gelar Gertak PSN Berhadiah

  26 Desember 2016 PERISTIWA Gianyar

baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Gianyar. Langkah inovatif dilakukan oleh Kelurahan Bitera dalam mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue. Upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kelurahan Bitera, mulai dari tokoh masyarakat, kelian lingkungan dan masyarakat. Guna lebih merangsang kepedulian warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, Kelurahan Bitera mengadakan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) berhadiah.
 
Lurah Bitera, I Wayan Widana, ditemui saat pengundian hadiah di Wantilan Pura Bukit Bitera, Senin (26/12/2016) mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih musim penghujan saat ini, kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan terutama untuk mencegah semakin mewabahnya demam berdarah mengingat beberapa waktu lalu dua warga Keluarahan Bitera telah menjadi korban.
 
“Kita tidak ingin kasus serupa terulang lagi. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu peran aktif warga. Melalui kegiatan ini kami ingin tumbuhkan kesadaran itu pada masyarakat. Kita mulai dari rumah masing - masing,” terang Widana.
 
Widana menambahkan, pelaksanaan kegiatan  Gertak PSN berhadiah ini sudah dilaksanakan sejak tiga lalu. Dimana pada bulan pertama, dilaksanakan tahap sosialisasi dan pembinaan tentang kebersihan. Bulan kedua dilaksanakan pengecekan ke masing – masing rumah warga dengan melibatkan seluruh kader Jumantik di Kelurahan Bitera.
 
“Rentan waktu tiga bulan ini, kami lakukan pembinaan sekaligus penilaian. Bagi warga yang rumahnya bebas dari jentik, kami beri kupon undian,” tambah Widana.
 
Pemberian hadiah ini, menurut Widana sebagai penghargaan atas partisipasi warga dalam melaksanakan PSN sekaligus sebagai pendidikan langsung kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
 
Ni Nyoman Oka Suniathi, A.Md. Keb. Yang merupakan petugas kesehatan Puskesmas Gianyar 2 mengatakan, dari hasil pemantaunnya kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kelurahan Bitera ini dirasa cukup efektif dalam mencegah semakin meluasnya penyebaran nyamuk Aedes Aegepty . Hal ini terlihat dari hasil pengecekan ke rumah – rumah warga yang dilakukan oleh Kader Jumantik, jumlah jentik yang awalnya mencapai 70 % di Kelurahan Bitera hingga Desember ini menurun menjadi 30 % .  
 
Tindak pencegahan lebih efektif, untuk itu perlu kesadaran dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting, terutama tempat – tempat genangan air dengan melakukan 3 M plus yakni menutup, menguras, mengubur dan berprilaku hidup bersih dan sehat.
 
“Kegiatan Gertak PSN DBD lebih efektif yang langsung membunuh jentiknya, disbanding fogging hanya dapat membunuh nyamuk dewasa,” terang Oka Suniathi. (BB).