Buka Gebyar PAUD Bangli 2017, Ny.Erik Gianyar Ingatkan Pentingnya Pendidikan Usia Dini

  12 Maret 2017 PERISTIWA Bangli

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Bunda PAUD Kabupaten Bangli Ny.Erik Gianyar mengatakan, usia 0- 6 tahun merupakan masa emas sekaligus masa riskan bagi tumbuh kembang anak. Karena proses pembelajaran anak dimulai sejak lahir hingga usia 6 tahun. Sedangkan proses pendidikan dimulai dari usia 6 tahun ke atas. Sehingga dimasa pembelajaran ini kita harus mengajarkan hal-hal yang positif bagi anak. 
 
“Karena saat proses pembelajaran ini, apa yang mereka tangkap akan mereka terapkan, serta menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter anak,”  ujar Ny.Erik Gianyar saat membuka berbagai perlombaan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bangli tahun 2017 di TK Pembina Bangli, Jumat (10/3/2017).
 
Erik Gianyar menjelaskan, para pakar pendidikan dunia mengatakan bahwa banyak hal terjadi secara intelektual pada saat bayi lahir hingga usia 6 tahun. Inilah masa-masa keemasan dari tumbuh kembang secara intelektual dari seorang anak. Sehingga pola asuh yang baik dari orang tua dan pendidikan yang baik disekolah akan sangat menentukan kecerdasan anak dikemudian hari. Selain itu, pendidikan anak sejak dini melalui pembelajaran dan permainan yang keatif serta edukatif sangat baik untuk mengasah kemampuan otak anak. 
 
Oleh karenanya Erik Gianyar sangat mengapresiasi berbagai perlombaan kreatif yang diadakan untuk memeriahkan pelaksanaan gebyar PAUD di Kabupaten Bangli. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan memberi ruang kepada anak usia dini dalam mengembangkan kreatifitas. “Kita sangat mengapresiasi berbagai perlombaan kreatif ini, karena akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus diselenggarakan untuk mempuk jiwa kompetisi bagi anak sejak usia dini,” harapnya.
 
Sementara itu ketua panitia penyelenggara Ni Made Sri Astuti Nugraha mengatakan, gebyar PAUD tahun ini yang mengambil tema Hebat Hasil Karyaku diikuti oleh ratusan kelompok bermain dan TK se-Kabupaten Bangli. Adapun berbagai kegiatan yang diselenggarakan berupa lomba mewarnai, fasion baju endek casual dan photo ceria. Lanjut dia, untuk lomba mewarnai peserta dibagi menjadi dua, yakni lomba mewarnai katagori A untuk anak usia kelompok bermain dan katagori B untuk anak usia TK dengan durasi waktu 90 menit.
 
Dikatakan juga, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi ruang kepada anak usia dini dalam mengembangkan kreatifitas dalam berkreasi serta meninkatkan kualitas pendidikan karakter dilingkungan sekolah. “Kita berharap melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kreatifitas anak, sehingga dimasa yang akan datang, anak-anak ini akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang kreatif dan inovatif untuk membangun Bangli,”harapnya. (BB)