Berbahaya! Waspadai 6 Makanan Asal Cina Ini Palsu dan Beracun

  26 Desember 2016 PERISTIWA Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. China memang terkenal dengan produknya yang beragam. Dimana pun kita berada pasti ada barang-barang yang terbuat dari 'Negeri Tirai Bambu' itu.
 
Tak cuma barang, makanan pun juga banyak yang berasal dari China. Sayangnya, tidak semua produk makanan yang beredar dari China itu baik.
 
Beberapa di antaranya terbukti palsu dan bahkan beracun. Jika makanan itu sampai ketubuh, maka bisa berpotensi terkena penyakit berbahaya terutama kanker.
 
Tolong waspadai, berikut ini 6 produk makanan asal China yang palsu dan beracun.
 
 
1. Telur Imitasi
 
 
Beberapa situs di China telah merilis cara untuk membuat telur secara imitasi. Bahan kimia yang dibutuhkan adalah Asam alginat, Kalium Alum, Gelatin, kalsium klorida, air dan pewarna buatan.
 
Sedangkan bahan untuk membuat putih telurnya berasal dari kalsium karbonat. Makan telur ini sendiri dapat menyebabkan kehilangan memori dan demensia.
 
 
2. Daging sapi dari daging babi
 
 
Karena daging babi lebih murah di China. Maka beberapa restoran mengganti daging sapi dengan babi. Caranya dengan menggunakan ekstrak daging sapi yang dicampur kedalam daging babi kemudian diasinkan selama 90 menit.
 
Padahal jika sampai memakan produk ini bisa menyebabkan keracunan dan terparah kanker.
 
 
3. Kenari isi semen
 
 
Pada tahun 2012 lalu, seorang pembeli asal Zhengzhou China mengupas kenari yang baru dibelinya. Namun ketika dibuka baru disadari jika isi kenari itu adalah potongan-potongan beton yang rusak.
 
Ternyata penjualnya berusaha mendapatkan keuntungan lebih dengan menjual kenari palsu.
 
 
4. Kacang Polong palsu
 
 
Pada tahun 2005 kacang palsu ditemukan di Provinsi Hunan, China. Menurut sebuah koran lokal, kacang itu sulit untuk dimasak meski warna air sudah berubah.
 
Ternyata polong itu berasal dari kacang kedelai yang diberi pewarna hijau dan natrium metabisulfit yang biasa digunakan sebagai pemutih dan pengawet.
 
Pewarna ini dilarang digunakan karena dapat menyebabkan kanker serta menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.
 
 
5. Lada Hitam dari Lumpur
 
 
Seorang penjual di sebuah pasar tradisional di Guangdong China diketahui menjual lada hitam yang dicampur dengan lumpur dan lada putih yang di campur dengan tepung.
 
Meski dikatakan tidak membunuh orang tapi tetap saja sangat berbahaya bila sampai masuk kedalam tubuh.
 
 
6. Mie Palsu
 
 
Sebuah perusahaan asal Zhongshan, China membuat setidaknya 5,5 ton mie palsu. Pada tahun 2011, banyak orang mulai mengeluh tentang rasa mie yang aneh.
 
Setelah diselidiki baru diketahui jika mie itu terbuat dari jagung yang dicampir dengan tinta industri dan lilin parafin. Mengerikan sekali ya.(BB/worldhealthguide).