Banjir Apresiasi, Rai Mantra : Jangan Berhenti!

  24 April 2017 PERISTIWA Denpasar

baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) 8, kini memasuki hari kedua, Sabtu (22/04/2017) di SMAN 3 Denpasar. Walau ajang apresiasi karya jurnalistik bagi anak muda itu masih dilangsungkan, tetapi apresiasi sudah mulai berdatangan. Termasuk datang dari Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

“Saya bangga dengan Madyapadma SMAN 3 Denpasar karena mampu berkarya sebesar ini. Saya juga berharap agar tidak berhenti sampai disini saja, sukses terus untuk Madyapadma. Semangat dan salam kreatif” ucap beliau melalui pesan suara. 

Bukan tanpa sebab, sebanyak 439 orang dari empat provinsi (Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah) yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di Indonesia, ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara Presslist 8.

Hal tersebut lekas mengundang tepuk tangan seluruh undangan dan peserta lomba yang hadir di penutupan Presslist 8. Tak hanya itu, banyak pihak yang juga mengapresiasi kegiatan tahunan Madyapadma ini.

“Anak-anak Madyapadma, kalian ‘gila’. Meskipun sebenarnya ada sedikit kegetiran. Tetap semangat untuk kalian keseribu kalinya,” ungkap I Gede Ari Martana, guru pembina salah satu peserta lomba Presslist 8 (SMP Saraswati 1 Denpasar –red), melalui pesan singkat.

Dalam sambutannya, I Wayan Bagus Perana Sanjaya selaku Ketua Presslist 8 sangat mengharapkan agar Presslist tahun berikutnya dapat lebih sukses dari ini.

Pada penyelenggaraan Presslist hari kedua, diadakan acara Bedah Buku dengan mengundang Desak Putu Diah Dharmapatni sebagai pembicara. Adapun buku yang dibedah adalah buku terbitan Madyapadma, “Bali Punya Nilai” yang ditulis oleh I Wayan Bagus Perana Sanjaya. 

“Acaranya ini bagus, apalagi untuk orang-orang yang mau nulis, jadi tau gimana cara buat buku yang bener, banyak hal baru yang didapat disini,” ucap Chandra Rika Kartika (16), salah seorang peserta bedah buku.

Selain itu, juga diadakan pengumuman pemenang Lomba Koran Dinding (Kording) tingkat SMP se-Indonesia serta Pelatihan dan Lomba Karikatur tingkat SMP/SMA-SMK se-Bali, yang  menghadirkan Jango Paramartha, kartunis ternama dari Bog-Bog Magazine.

“Hasil karikatur dari para peserta belum sesuai harapan saya, paling baru 65%. Ya saya harap agar peserta lebih banyak membaca dan melihat karikatur sang juara sehingga dapat menambah wawasan mereka mengenai karikatur,” tutur Jango.

Adapun Juara 1 Lomba Karikatur diraih oleh I Made Adi Wirya Darma (SMPN 10 Denpasar). Joshella Zacharias (SMA Tunas Daud) dan Komang Lanang Rama S. (SMPN 7 Denpasar) meraih juara 2 (dua) dan 3 (tiga). Sementara itu, Pegansha Post (SMP Saraswati 1 Denpasar) keluar sebagai jawara Lomba Kording SMP. Disusul oleh Kreator (SMP Tunas Daud) dan Gatra Sisya (SMPN 9 Denpasar) menduduki posisi ke-2 (dua) dan 3 (tiga).

Ada juga pengumuman Lomba Majalah tingkat SMP se-Indonesia dan Lomba Fotografi tingkat SMP/SMA-SMK se-Bali di akhir acara. Majalah Genitri (SMPN 9 Denpasar) ‘merajai’ lomba Majalah, tahun ini. Disusul juara 2 (dua) dan 3 (tiga) diraih oleh majalah Gana Spenuda (SMP Nusa Dua) dan majalah Wagiswari (SMPN 10 Denpasar). Adapun jawara Lomba Fotografi diraih oleh Ade Gita Ahimsa (SMP Dwijendra). Sementara I Kadek Wahyu Maharta (SMAN 8 Denpasar) dan Angelica Audrey Maharani (SMA Tunas Daud), masing-masing berhasil menjadi juara 2 (dua) dan 3 (tiga).

Sesuai dengan tema “Beda Warna, Satu Jiwa Indonesia”, Presslist 8 akhirnya ditutup secara resmi setelah seluruh undangan, peserta, dan panitia menyanyikan lagu “Kemesraan” dengan saling berpegangan tangan, sambil menyatakan pesan persatuan. “Mulai saat ini, tepat di Presslist 8. Kita kembali pada persatuan kita.”  (BB/jun)