ASDP Siapkan 320 Trip Kapal Sehari Saat Puncak Arus Mudik

  08 Juni 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Memasuki puncak arus mudik Lebaran 1438 H yang diperkirakan jatuh pada H-3, pihak ASDP Indonesia Ferry telah menyiapkan sejumlah trik guna mengantisipasi arus mudik. 
 
Selain menyiapkan 49 unit armada kapal untuk pelayani penyebrangan, ASDP juga menyiapkan 288 trip penyeberangan sehari pada angkutan Lebaran kali ini.
 
"Kami sudah sekian kali rapat koordinasi dengan instansi terkait. Jadi nanti untuk skema sangat padat akan kami terapkan 288 trip penyeberangan dalam seharinya," terang Manager Usaha ASDP Cabang Gilimanuk, Heru Wahyono, Kamis (8/6/2017).
 
 
Menurutnya, ada tiga skema penyeberangan yang akan diterapkan selama berlangsungnya angkutan lebaran 1438 H kali ini dengan 49 kapal yang di-standby-kan. 
 
Skema pertama, yakni skema normal yakni penyeberangan dengan arus normal dengan dilayani oleh 30 kapal penyeberangan. Kedua yakni ketika arus padat dengan pengoperasian 32 kapal penyeberangan dengan masing-masing kapal penyeberangan yang memiliki 9 trip per harinya.
 
Terakhir yakni skema arus penyeberangan sangat padat yakni masih dengan mengoperasikan 32 unit kapal penyeberangan. Namun, pada skema sangat padat ini pihak ASDP akan melangsungkan penambahan trip dari 9 trip normal per hari menjadi 10 trip per hari jika kondisi penyeberangan sangat padat pada puncak arus mudik nanti. 
 
Begitu pula dengan Port Time (bongkar muat) dan Sailing Time (waktu berlayar) yang akan dipangkas sedemikian rupa guna memaksimalkan penyeberangan.
 
Kapal-kapal ini akan beroperasi di 5 dermaga yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk yakni dermaga Mobile Bridge (MB) I, MB II, MB III, dermaga Ponton dan dermaga Landing Craft Machine (LCM). 
 
Guna memaksimalkan pelayanan, pihaknya juga akan membuka loket tiket khusus untuk kendaraan angkutan barang yang berada di dermaga LCM. 
 
Begitu pula dengan opsi memanggil Kapal Motor Penyeberangan (KMP) berkapasitas jumbo yakni Portlink VII yang masih disiapkan pihaknya sesuai dengan kondisi penyeberangan terutama saat puncak arus Mudik nanti.
 
"Prediksi kami, puncak arus Mudik nanti akan berlangsung pada H-3 dan H-2 Lebaran karena saat itu juga bersamaan dengan pembagian THR. Nanti juga ada cuti bersama dua hari sebelum Lebaran, jadi ramainya pasti saat H-3 dan H-2 itu,” tutupnya.(BB)