Apakah Indonesia Daerah Endemis dan Tertular Zika? Ini Jawabannya!

  20 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Kasus Zika di Indonesia yang positif hanya ada satu, yaitu pasien asal Jambi. Hal tersebut melalui laporan laboratorium Eikman pada 2015. Sementara WNI di luar negeri (Taiwan) asal Blitar Jawa Timur yang dilaporkan positif, setelah ditelusuri kontak di Blitar, semua negatif zika.

Demikian ditegaskan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. M. Subuh menanggapi travel advisory pemerintah Australia. Australia mengimbau warga negaranya untuk melindungi diri dari nyamuk di Indonesia mengingat risiko Zika.

"Upaya kesiagaan dan pencegahan terus dilakukan Kemenkes melalui peningkatan surveilan DBD dan pemberantasan sarang nyamuk," tegasnya.

Menurut dr. Subuh sistem pengendalin Zika dan early warning Zika telah berjalan dengan baik karena pengendalian vektor DBD sudah terlaksana selama ini.

"Jadi upaya prevensi telah dilakujan secara berjenjamg oleh Dinkes provinsi dan kabupaten kota," tambahnya.

Dr. M. Subuh meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, khususnya kebersihan lingkungan dengan meminimalkan tempat perindukan nyamuk.

"Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, Memanfaatkan barang bekas, Plus cegah gigitan nyamuk," ungkapnya. (BB/inilah).