Analis: Pokemon GO Bisa Bikin Apple Makin Kaya

  25 Juli 2016 EKONOMI Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Pokemon GO sepertinya akan menjadi aplikasi kesayangan Apple. Pasalnya, dalam waktu 12 hingga 24 bulan ke depan, game yang tengah 'naik daun' itu diperkirakan mampu memberikan pendapatan sebesar US$3 miliar atau sekitar Rp39 triliun bagi Apple.

Hal tersebut disampaikan oleh analis finansial Laura Martin. Mengutip CNET, Martin meyakini jika angka fantastis itu bisa dicapai karena dua faktor. Pertama, Apple merupakan platform distribusi konten mobile yang jangkauannya global, dan faktor kedua, persentase bagi hasil yang diterima Apple dari transaksi pembelian item dalam Pokemon GO via iPhone dan iPad mencapai 30%.

Meski merupakan game yang gratis unk diunduh, namun Pokemon GO mendapatkan pemasukan lewat penjualan berbagai item di dalam game seperti lucky eggs, lures, incense, poke balls, dan penyimpanan ekstra.

Slice Intelligence mencatat bahwa nilai transaksi pembelian item Pokemon GO dalam sepekan perilisannya mencapai 47% dari total transaksi dalam game dari segenap ekosistem mobile gaming di AS.

Lebih mencengangkan lagi, 53% dari jumlah tersebut merupakan pengguna yang selama enam bulan terakhir sama sekali tak pernah melakukan transaksi pembelian item di dalam game.

Mengingat mayoritas pengguna iOS cenderung 'lebih mapan' ketimbang pengguna Android, maka Martin memperkirakan sekitar 80% transaksi dalam game Pokemon GO berasal dari pengguna iOS.(BB/inilah).