Agar Miliki Ciri Khas, Pemkab Jembrana Tanami Pohon "Tangi" di Kota

  13 Desember 2017 PERISTIWA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Agar terlihat ciri khas ketika memasuki Kota Negara, Pemkab Jembrana mulai menanam pohon tangi di sepanjang jalan utama kota.
 
Hal tersebut terungkap saat Wakil Bupati Jembrana menginspeksi ruas jalan nasional yang ada di Tegalasih, Jembrana, Rabu (13/12).
 
Kembang Hartawan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Ketut Kariadi Erawan dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Dan Kawasan Permukiman I Wayan Darwin tampak memandu kegiatan agar jarak pohon yang akan di tanam serasi.
 
 
“Untuk penghijauan di kota, kita fokuskan tanaman berbunga dan kita tanam pohon tangi. Agar ada ciri khas begitu memasuki kota Negara. Jadi begitu memasuki dan melihat pohon tangi, masyarakat sudah tahu sedang berada di kota Negara,” terang Kembang Hartawan, Rabu 13 Desember 2017.
 
Sedangkan untuk di desa-desa lanjut Kembang Hartawan, di tanami pohon Mahoni. Pihaknya telah berkonsultasi secara nasional dengan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan sudah diijinkan menanam pohon di ruas jalan nasional.
 
“Kami juga menanam pohon yang sudah besar, bukan bibitnya dengan demikian akan cepat tumbuh rindang,” ujar Kembang Hartawan.
 
 
Lebih lanjut Kembang mengatakan, pohon mahoni memiliki karakter yang keras dan bertahan ratusan tahun. Tentunya penanaman pohon tersebut tidak mengganggu program penataan yang sudah berlangsung.
 
Dikatakan Kembang Hartawan, untuk penataan kota, pihaknya tidak bisa menargetkan setahun- dua tahun karena sesuai arahan Bupati Jembrana, Pemkab masih fokus terhadap penataan jalan desa, jalan kabupaten, gang desa dan gang di perkotaan.
 
“Perkiraan 2019 kita sudah fokus ke penataan kota, kalau sekarang sudah berjalan namun tidak masif. Setelah pembangunan infrastruktur jalan desa, gang desa, gang di kota jalan kabupaten tuntas, barulah kita fokus penuh ke penataan,” imbuh Kembang Hartawan.
 
 
Sementara itu Kepala Seksi Perencanaan Dan Pengembangan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Jembrana I Gusti Agung Bagus Oka Saptuadi, mengatakan untuk tahun 2017 ini sudah sebanyak 274 pohon yang ditanam.
 
“Nanti ditahun 2018 mendatang kita anggarkan seratus delapan puluh satu juta rupiah untuk penanaman pohon tangi,” tutupnya.(BB/ADV)
 
 
BACA JUGA :