5 Resep Ini Cara Tepat Sempurnakan Kebahagiaan Anda

  23 Mei 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Nasional-Jika Anda sibuk, pasti selalu saja ada pekerjaan yang menanti. Entah itu melakukan pekerjaan rumah, menjemput anak pulang sekolah, membayar tagihan listrik, rapat dengan atasan, bertemu dengan klien, atau mengejar deadline proyek.
 
Tidak mengherankan jika Anda tidak mempunyai waktu untuk bertanya pada diri sendiri apakah saya bahagia? Anda mungkin memiliki keluarga yang harmonis, rumah yang cantik, pekerjaan yang mapan, serta sebuah mobil baru. Namun, semua hal tersebut hanya menyumbangkan 10% dari total kebahagiaan Anda, seperti dilansir laman lifehack.org. 50% lainnya merupakan bawaan genetis, sementara 40% sisanya adalah tergantung pada diri Anda sendiri.
 
Dengan kata lain, sebagian besar faktor kebahagiaan adalah bagaimana Anda bersikap kepada dunia dan kehidupan Anda sendiri. Kebahagiaan ada dalam pikiran Anda, sehingga itu semua bergantung ke arah mana Anda akan membawanya pergi. 
 
Berikut ini 5 resep yang bisa Anda lakukan agar kebahagiaan semakin sempurna. 
 
1. Makan dengan baik
 
Jika Anda tidak makan dengan baik, kurang minum, dan memiliki jadwal tidur yang berantakan, Anda tidak akan memiliki energi untuk bahagia. Olahraga juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Melakukan latihan fisik secara rutin dapat menurunkan stres dan menambah tingkat endorphin dalam tubuh. Semakin baik Anda merasakan sehat secara fisik, maka semakin baik Anda merasakan sehat secara mental.
 
2. Melakukan hobi dengan fokus Ini sederhana. Melakukan apa yang Anda senangi akan membuat Anda menjadi senang. Kita mungkin sering melakukan hobi atau aktivitas yang kita senangi, namun tidak jarang kita mudah terdistraksi oleh berbagai gangguan di sela-sela kegiatan tersebut.
 
Saat kita memancing, kita gelisah melihat ponsel barangkali ada panggilan darurat yang mencari Anda. Saat kita menonton film, pikiran kita melayang ke banyak tempat. Kita menjalankan hobi, tapi kita kerap tidak fokus saat melakukannya. Mulai saat ini, fokuslah saat Anda sedang melakukan hobi Anda. Nikmati sepenuhnya kebahagiaan yang Anda rasakan.
 
3. Memperkaya pengalaman
 
Anda memang harus menjalankan hobi atau aktivitas yang Anda senangi, namun jangan lupa, Anda juga harus melakukan sesuatu yang baru. Cobalah bertemu dengan orang baru, menjajal aktivitas yang belum pernah dilakukan sebelumnya, atau bacalah genre buku yang benar-benar asing bagi Anda. Yakinlah! Menerima pengalaman baru dapat membuat Anda semakin bahagia.
 
4. Abaikan kegaduhan di sekitar
 
Siapapun Anda, akan selalu ada orang yang mengomentari hidup Anda. Abaikan saja. Ada baiknya kita menuruti peribahasa terkenal ini, anjing menggonggong kafilah berlalu. Perhatikan saja hal-hal kecil yang membuat Anda nyaman. Mencium wangi bunga yang mekar. Mendengar kicauan burung di halaman. Atau merasakan sejuknya hawa di malam hari.
 
5. Hiduplah pada saat ini
 
Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sekalinya datang dan tidak akan pergi. Ada kalanya ia pergi dan kita pun bersedih. Tidak apa-apa. Jangan lari atau bersembunyi. Hadapi saja jika sesuatu terjadi. Baik dan buruk adalah hal biasa. Teruslah optimis bahwa setiap kesedihan dapat Anda lewati, sehingga Anda pun akan bertemu kembali dengan kebahagiaan di esok hari.‎ (BB/Inilah).