5 Fakta Tersembunyi Tentang Varises yang Perlu Anda Ketahui

  14 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. VARISES adalah salah satu kondisi yang cukup popular di kalangan wanita. Merujuk pada varises.org, varises merupakan pembuluh darah balik (vena) yang melebar dan berkelok-kelok akibat gangguan (hambatan) alirah darah. Ini terjadi karena ketidakmampuan katup vena dalam mengatur aliran darah.

Varises sendiri mudah tampak dari luar, biasanya bentuk kelok-kelok pembuluh darah tersebut berwarna hijau kebiruan. Melansir dari prevention.com, berikut 5 fakta seputar varises yang penting untuk diketahuai, antara lain:

 

1. Tidak hanya muncul di kaki           

Biasanya varises muncul di paha atau bagian kaki lainnya. Namun, ternyata varises bisa juga muncul di bagian tubuh yang lain. 

Disampaikan oleh Jennifer Watson dari Spectrum Medical Group Vein Center bahwa varises bisa muncul di leher, dada, atau wajah. Gangguan pada pembuluh darah ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja.

 

2. Risiko terbesar adalah keturunan   

Jeffrey G. Carr dari Vein Center of East Texas menyatakan bahwa hampir 805 penderita varises memiliki orangtua atau kerabat yang juga mengalami varises. Hal ini menunjukkan bahwa genetik menjadi faktor utama, meskipun ada juga faktor lainnya seperti obesitas, penuaan, atau kehamilan.

 

3. Bisa muncul varises lain      

Jennifer Watson mengatakan bahwa jika pembuluh darah balik (vena) di bagian tertentu rusak, maka besar kemungkinan akan terjadi kerusakan di bagian lainnya. Karena itu, jika seseorang mengalami varises di satu tempat, akan muncul varises di tempat lainnya.

 

4. Alergi kosmetik atau kondisi kesehatan tertentu 

Hal ini diungkapkan oleh Jeffrey G. Carr bahwa varises dapat terjadi karena alergi kosmetik atau adanya kondisi kesehatan tertentu. Selain itu menggaruk kulit dengan kasar pada saat hamil atau menstruasi juga dipercaya dapat menjadi penyebab munculnya varises.

 

5. Gaya hidup buruk meningkatkan risiko varises 

Para peneliti menilai jika gaya hidup buruk, seperti makan sembarangan, jarang olahraga, duduk atau berdiri terlalu lama, dapat memperbesar risiko terjadinya varises. 

Sebaliknya, menjaga pola makan yang baik, cukup gerak, banyak minum air putih, dan olahraga teratur dapat mencegah seseorang terkena varises. (BB/inilah).