3 Orang Disabilitas Asal Jembrana Ikut Ajang Utsawa Dharma Gita Yang Diselenggarakan Pemkot Denpasar

  09 Februari 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket Poto, I Nengah Arsana bersama istrinya bernama Ni Ketut Mertiasih

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Peringatan HUT Kota Denpasar diadakan ajang Utsawa Dharma Gita yang diselenggarakan oleh Pemkot Denpasar yang diikuti oleh Kabupaten se Bali. dalam ajang tersebut keterampilan yang ditampilkan yaitu metembang Susastra Weda dan Nyanyian Keagamaan Hindu.

Untuk mengikuti ajang Utsawa Dharma Gita yang dikuti Kabupaten se Bali, Kabupaten Jembrana juga mengikutkan 3 orang penyandang disabilitas tuna netra bernama I Nengah Arsana bersama istrinya bernama Ni Ketut Mertiasih yang juga seorang tuna netra dan Ni Made Dwi Ardanayanti yang merupakan tuna daksa.

Dalam ajang tersebut memberi kesempatan kepada penyandang disabilitas, dengan tujuan untuk meningkatkan bakat seni bagi penyandang disabilitas seluruh Bali. selain meningkatkan  keterampilan metembang Susastra Weda dan Nyanyian Keagamaan Hindu bagi penyandang disabilitas juga untuk menambah wawasan penguasaan materi ajaran dan filsafat agama Hindu.

Terkait ajang tersebut, Kabid Resos Dinas Sosial Ida Bagus Ketut Budi Aryana, ST saat ditemui awak media mengatakan, pihaknya mengupayakan mengandalkan 3 peserta dalam ajang tersebut, mereka akan mengikuti 2 kreteria yaitu wajib dan pilih.

“Kami sudah memilih peserta yang merupakan seorang disabilitas pasangan suami istri yang keterampilannya sangat bagus. Peserta tersebut diantaranya I Nengah Arsana bersama istrinya bernama Ni Ketut Mertiasih yang juga seorang tuna netra dan Ni Made Dwi Ardanayanti yang merupakan tuna daksa,” terangnya. Rabu (9/2/2022).

Ketiga peserta tersebut, lanjut Budi, sudah lolos dalam seleksi sejak awal, hanya membutuhkan perjuangan dalam melatih mentalnya hingga mereka bisa fokus dalam mengikuti ajang lomba Utsawa Dharma Gita tahun 2022 ini.

Diketahui, ajang tersebut akan diselenggarakan secara virtual dalam bentuk rekaman video. Ajang Utsawa Dharma Gita yang di selenggarakan oleh Pemkot Denpasar tersebut merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan dimasa pandemi Covid-19 ini. (BB)