Kasus Kecelakaan Meningkat, Polres Jembrana Antisipasi Liburan Nasional

  29 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana, Jumlah kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Jembrana, Bali, meningkat 29,5% pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Data dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jembrana menunjukkan, sepanjang tahun 2023 terjadi 399 kasus lakalantas, sedangkan pada tahun 2022 sebanyak 314 kasus.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengatakan, peningkatan jumlah lakalantas di Jembrana disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor human error, faktor kendaraan, dan faktor jalan.

"Untuk faktor human error, penyebab utamanya adalah pengendara kurang berhati-hati, melanggar peraturan lalu lintas, dan mengantuk," kata Endang dalam jumpa pers akhir tahun, Jumat (29/12).

Faktor kendaraan, lanjut Endang, penyebab utamanya adalah kendaraan yang tidak laik jalan dan tidak dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan. "Untuk faktor jalan, penyebab utamanya adalah jalan yang rusak dan minim penerangan," ujarnya.

Menurutnya, akibat peningkatan jumlah lakalantas, jumlah korban jiwa juga meningkat. Pada tahun 2022, sebanyak 58 orang meninggal dunia akibat lakalantas, sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 69 orang.

“Selain itu, jumlah korban luka berat juga meningkat, dari 3 orang menjadi 2 orang. Jumlah korban luka ringan meningkat dari 439 orang menjadi 505 orang. Kerusakan materil akibat lakalantas juga meningkat, dari Rp797,7 juta menjadi Rp1,4 miliar,” terangnya.

Meningkatnya jumlah laka lantas, pihaknya  akan melakukan berbagai langkah untuk menekan angka kecelakaan. Melakukan analisa dan evaluasi untuk mengetahui penyebab lakalantas. “Kami akan  melakukan patroli rutin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas,” jelasnya.

Disinggung terkait liburan nasional natal dan tahun baru, Endang mengatakan, Untuk mengantisipasi kemacetan di Pelabuhan Gilimanuk pada libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024, Polres Jembrana telah menyiapkan enam pos pengamanan (PAM), satu pos pelayanan terpadu, dan satu pos pelayanan di kargo.

“Kami juga Melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan arus kendaraan dengan mengantongkan kendaraan besar di kargo Gilimanuk dan memprioritaskan kendaraan kecil. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas," pungkas endang. (BB)