Hiu Paus Terdampar di Pantai Yeh Kuning Pekutatan

  29 September 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Paus Hiu terdampar di Pantai Yeh Kuning, Desa Pekutatan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Seekor hiu paus (Rhincodon typus) dengan panjang sekitar 7 meter ditemukan terdampar di pesisir Pantai Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (29/9/2023).

Warga yang sedang berada di pantai pertama kali menemukan ikan tersebut terdampar di pinggir pantai sekira 10 meter dari laut, sekitar pukul 06.30 wita. Hal tersebut mengundang banyak warga pergi ke pantai untuk menonton ikan tersebut.

Kapolsek Pekutatan Kompol I Wayan Suastika saat dikonfirmasi via telphone membenarkan adanya ikan terdampar di Pantai Yeh Kuning. Ia mengetahui dari salah satu warga yang share info di group Babinkamtibmas.

"Tadi pagi ada warga yang infokan bahwa ada diduga sementara ikan hiu paus. Kami masih menunggu dokter dari JSI untuk memastikan jenis ikan tersebut," jelasnya. Jumat (29/9/2023).

Menurutnya, ikan tersebut panjang diperkirakan 7 meter. Ikan tersebut sama yang ditemukan terdampar di Pantai Air Kuning Banjar, Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana pada tanggal 17 Juni 2023 beberapa bulan yang lalu.

"Ikan ini lebih besar rasanya dari pada yang ditemukan di pantai Air Kuning Mendoyo, beberapa bulan yang lalu. Setelah dilakukan nekropsi kemungkinan ikan ini akan dikubur," jelasnya.

Menurut keterangan dari petugas PSDKP Gilimanuk, imbuh Suastika, ikan tersebut memang benar jenis Hiu Paus (Rhincodon Typus). panjang badan 7,5 m, panjang sirip atas 93 cm, panjang sirip bawah 31 cm, panjang sirip belakang 41 cm, panjang sirip ekor 2,30 m, bulan punggung 3,5 m. (BB)