“Show of Force” akan Warnai Pelantikan Pengurus Golkar se-Bali

  22 Juli 2016 POLITIK Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. PartaiGolkar Bali bakal show of force (unjuk kekuatan) dengan mengerahkan 10.000 kader dalam pelantikan bersama Ketua DPD II Golkar se-Bali, Minggu (24/7/2016) mendatang. Show of force Golkar ini sekaligus juga akan ada peluncuran ‘Sahabat Sudikerta’.

Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta di Niti Mandala Denpasar, Jumat (22/7) siang mengatakan acara pelantikan serentak pengurus DPD I dan DPD II Golkar se Bali akan menghadirkan juga para Ketua DPD I Golkar se Indonesia. "Ada 34 DPD I akan hadir di Bali dalam pelantikan serentak tersebut," ujar Sudikerta.

Pelantikan serentak dengan 10.000 kader itu masing-masing DPD II mengerahkan para kader. Masing-masing DPD ditarget antara 1.000 sampai 5.000 kader. Menurut Sudikerta DPD II Golkar Karangasem dan Denpasar yang kadernya rata-rata tinggal di Denpasar sudah siapkan masing-masing 5.000 kader. Kemudian Gianyar 2.000 kader, Klungkung, Bangli masing-masing 1.000 kader, Buleleng 1.000 kader, Badung dan Tabanan 1.000 kader serta Jembrana 500 kader.

Pelantikan serentak ini akan dilaksanakan langsung DPP menghadirkan Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto. "Pak Setya Novanto yang akan hadir melantik pengurus Golkar se-Bali," ujar politisi asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini.

Menurut Wagub Bali itu, pelantikan serentak dengan 10.000 kader merupakan misi pembaruan dan semangat konsolidasi serta rekonsiliasi di Golkar Bali. "Kami mau siapkan gerakan fokus menata program partai, menata konsolidasi menghadapi even politik, seperti Pilkada Buleleng 2017, Pilkada Bali 2018 dan Pilkada Gianyar serta Pilkada Klungkung 2018. Setelah itu menyambut Pileg 2019," tegas mantan Wakil Bupati Badung ini. Yang menarik dalam pelantikan serentak bakal ada pendeklarasian ‘Sahabat Sudikerta’ yang sudah terbentuk di seluruh kabupaten dan kota.

"Relawan Sahabat Sudikerta ini akan diluncurkan saat pelantikan. Kita siapkan pelantikan di Lapangan Niti Mandala, Renon sebelah timurnya Bajra Sandhi," tegas Sudikerta. Sementara soal DPD II Golkar Tabanan yang kemungkinan tidak selesai karena Musdanya masih skorsing, Sudikerta mengatakan pihak DPD I menarget sebelum 24 Juli 2016 sudah ada kepengurusan definitif. Sehingga bisa dilantik bersamaan. "Sebelum 24 Juli mudah-mudahan sudah ada penyelesaian di Tabanan. Kita sudah panggil para Ketua PK dan kader-kader supaya mengedepankan konsolidasi dan rekonsiliasi di Tabanan," tegas Sudikerta.

Apakah ini terkait dengan persiapan Pilgub Bali 2018? "Silahkan masyarakat menilai. Saya sudah ngayah sebagai Wagub 5 tahun dengan mengerjakan program Bali Mandara yang telah banyak membantu masyarakat. Masyarakat pasti merasakan dan pasti tahu pemimpinnya yang sudah bekerja dengan baik," tegas Sudikerta.

Sementara Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD I Golkar Bali, I Gusti Putu Wijaya secara terpisah mengatakan begitu pelantikan DPD II dan DPD I secara serentak segera akan dilakukan konsolidasi internal. Terutama pembentukan pokar (kelompok kader) di tingkat kecamatan, desa sampai banjar. "Pokar ini yang akan kita garap dan maksimalkan," ujar Wijaya

Dalam kapasitas sebagai Ketua Panitia Pelantikan, Wijaya menyebutkan, pelantikan serentak pengurus Golkar Bali dan DPD II se Bali juga akan mengundang sejumlah partai politik di Bali. Selain Partai yang tergabung dalam Koalisi Bali Mandara, seperti Demokrat, Gerindra, Hanura, PAN, PKPI, juga mengundang PDIP.

“Semua pimpinan partai kami undang, tak terkecuali PDIP dan Nasdem. Undangan sudah dikirim. Semua pimpinan partai diundang,” tegas Wijaya. (bb)