Warga Gilimanuk Resah ! Ada Lutung Besar Berkeliaran

  17 September 2018 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Sepasang lutung (kera) besar sudah lama berkeliaran di wilayah Gilimanuk. Awalnya lutung itu terlihat di pelohonan besar yang tumbuh di pinggiran hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) Gilimanuk. Namun lama-kelamaan sepasang luntung dengan ekor panjang itu masuk ke pemukiman warga, sehingga membuat resah warga sekitar.
 
 
Sebelumnya lutung tersebut sempat beberapa lama tinggal di pohon beringin yang ada di Pura Alas Angker. Meskipun tinggal di pohon besar, keberadaan lutung tersebut menganggu warga yang bersembahyang. Banten mereka sering dirusak bahkan dibawa kabur.
 
Setelah itu sepasang lutung tersebut masuk ke perumahan warga untuk mencari makan. Selain mengambil buah-buahan dari pohon buah yang ada di pekarangan warga, lutung itu juga tidak segan-segan masuk ke rumah warga untuk mengambil apa saja yang bisa dimakan.
 
 
“Lutung itu sering masuk dapur mencuri makanan. Bahkan pelinggih juga dirusak pada bagian atapnya. Biasanya lutung itu masuk pelinggih saat ada persembahyangan,” ujar Gina, salah seorang warga Gilimanuk, Senin (17/9/2018).
 
Lantaran keberadaannya sangat meresahkan, tadi sore sejumlah warga terpaksa mengejar lutung tersebut ramai-ramai hingga masuk ke dalam hutan. Warga berharap pihak TNBB atau KSDA ada perhatian dan tindakan terhadap keberadaan lutung yang meresahkan warga itu.
 
“Coba kalau lutung itu tidak merusak, kami tidak akan mengejarnya atau mengganggunya. Tapi ini merusak dan sangat mengganggu warga,” terang  Nyoman Wijaya, warga lainya.
 
 
Sementara itu Kasubag TU TNBB, Wirawan dikonfirmasi wartawan mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Resort KSDA Gilimanuk untuk menangani lutung tersebut, sehingga tidak lagi mengganggu warga.(BB)