(Sanur Village Festival 2016)

Wao! Goresan Seni ‎Body Painting "Model Seksi" Ini Bikin Mata Melotot

  27 Agustus 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Goresan seni body painting ternyata masih menyedot perhatian para pengunjung Sanur Village Festival (SVF) XI 2016.

 

Koordinator Seni Rupa S‎VF Ida Bagus Putu Gede Sutama mengatakan kegiatan ini selain menjadi happening art di ajang festival juga sebagai eksplorasi kreatif sejumlah seniman yang terlibat. 

 

"Panitia menantang seniman berkarya on the spot di hadapan pengunjung dan menggunakan media tubuh model dengan material pastel," ucap Sutama, Sabtu (27/8/2016).

 

Menurut Sutama, material pastel ini dipilih khusus untuk melukis di tubuh. Pasalnya, bahannya tidak berbahaya untuk kulit dan mudah membersihkannya.

 

Sebelas model yang dilibatkan dalam program ini dilukis sebelas seniman. K‎esebelas seniman tersebut adalah Dewa Wirayuga, Putu Rika, B.Pt.Adnyana, Wayan Hendrawan, Dewa Gede Ariwahyudi. I Kadek Sumadiyasa, I Made Warjana, I Kadek Suardika, I Ketut  Suidiarta, Wayan Gede Budayana, dan I Gusti Ketut Adi Dewantara. ‎

 

‎Jumlah sebelas disesuaikan dengan festival kesebelas, begitu juga temanya mengacu tema. SVF XI "Tat Twam Asi". "Filosofi ini, aku adalah engkau, engkau adalah aku, diterjemahkan dalam karya lukis di tubuh," jelas Sutama.‎

 

Dalam ajang ini, para seniman pun bebas mengeksplorasi tema tersebut. Ada yang mengangkat harmoni lingkungan, figur, flora-fauna laut, dan ada pula yang mengangkat isu Bali tolak reklamasi Teluk Benoa.

 

Setelah karya rampung, kesebelas model melakukan parade di panggung utama. "Program seni rupa akan tetap menjadi bagian dari SVF. Kami selelau berupaya untuk mengembangkannya dai tahun ke tahun," jelas Sutama.‎(BB).