Upacara Melaspas Digelar di Pura Dasar Buana Gelgel

  03 September 2016 PERISTIWA Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Serangkaian rampungnya perbaikan atau restorasi pemedal dan tembok penyengker di Pura Dasar Buana Gelgel, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, krama pengempon menggelar Upacara Melaspas dan Pecaruan. Upacara di gelar pada Rahina Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (2/9/2016).

Bendesa Desa Pakraman Gelgel, Putu Arimbawa mengatakan, upacara pecaruan dan melaspas ini serangkaian rampungnya perbaikan atau restorasi pemedal dan tembok penyengker sebelah utara Pura Dasar Buana Gelgel. Selain pemedal dan tembok penyengker, beberapa pelinggih juga ikut dipelaspas, seperti pelinggih meru tumpang 11, meru tumpang 9 dan meru tumpang 3, panggungan, bale pesantian dan genah dana punia. Selain pecaruan dan melaspas, juga digelar upacara mendem pedagingan dibeberapa pelinggih.

Menurut Arimbawa, digelarnya upacara ini juga serangkaian menyambut pujawali yang akan dilaksanakan pada Rahina Soma Kliwon Kuningan atau Pemacekan Agung, 12 September mendatang. Selain pujawali yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, di pura dasar buana gelgel juga digelar upacara ngusaba nini dan ngusaba jagat setiap setahun sekali pada rahina purnamaning kapat. “Pura Dasar Buana diempon oleh Desa Pakraman Gelgel yang terdiri dari tiga Desa Dinas,  yakni Desa Gelgel, Desa Tojan dan Desa Kamasan yang semuanya mencakup 28 Banjar Adat,” ujar Arimbawa.

Upacara melaspas dan pecaruan dipuput Ida Pedanda Gede Jumpung Putra Keniten dari Geriya Jumpung, Kamasan. Upacara ini juga dihadiri pengeling pura, Cokorda Gede Ngurah serta krama pengempon Pura. (BB)