Tolong Perhatikan! Ini Batas Waktu Menyimpan Makanan dalam Kulkas

  05 Februari 2017 KESEHATAN Nasional

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, pastinya sangat tertolong dengan keberadaan teknologi lemari pendingin atau kulkas. Benda ini bisa membantu mengawetkan bahan masakan hingga waktu tertentu.
 
Namun, menurut hasil penelitian United States Departmen of Agriculture (USDA), bahan masakan yang disimpan di dalam kulkas ternyata memiliki masa tenggang. Jika sudah melewat batasi waktu yang ditentukan, bakteri-bakteri jahat biasanya akan mengontaminasi bahan-bahan masakan tersebut.
 
Untuk menghindarinya, yuk simak batas waktu menyimpan bahan masakan atau makanan di dalam kulkas, sebagaimana dilansir Foodsafety.gov.
 
1. Daging mentah (unggas dan seafood), memiliki batas waktu penyimpanan 1 – 2 hari jika diletakkan pada suhu 4 derajat Celcius, dan 1 tahun jika dibekukan dalam freezer.
 
2. Daging mentah (babi atau sapi), memiliki batas waktu penyimpanan 3 – 5 hari jika diletakkan pada suhu 4 derajat Celcius, dan 6 – 12 bulan jika dibekukan dalam freezer.
 
3. Daging matang (unggas dan seafood), memiliki batas waktu penyimpanan 3 – 4 hari jika diletakkan pada suhu 4 derajat Celcius, dan 1 – 2 bulan jika dibekukan dalam freezer.
 
4. Sup (sayur dan daging), memiliki batas waktu penyimpanan 3 – 4 hari jika diletakkan pada suhu 4 derajat Celcius, dan 2 – 3 bulan jika dibekukkan dalam freezer.
 
5. Salad (telur, ayam, ham, tuna, makaroni), memiliki batas waktu penyimpanan 3 – 5 hari jika diletakkan pada suhu 4 derajat Celcius. Hidangan ini tidak bisa dibekukan. (BB)