Ternyata Ini Lho Alasan Mengapa Atlet Selalu Gigit Medali

  30 Agustus 2016 PERISTIWA Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Jika kamu perhatikan, para atlet yang berhasil menang dalam lomba selalu punya kemiripan saat berpose di hadapan kamera. Hampir dari mereka selalu menggigit medali juara.

 

Apa alasannya? Mengutip brighside.me, hal tersebut bukan sebuah tren baru. Kebiasaan menggigit medali sudah dilakukan banyak atlet sejak tahun 1991.

 

Tak hanya itu, para atlet melakukan gigit medali juga untuk memenuhi kebutuhan gambar seorang fotografer. Sebab, mereka merasa bosan dengan pose atlet tersenyum. Sehingga, para fotografer menuntut atlet untuk menggigit medali agar gambar lebih hidup dan bisa ‘merasakan’ emas murni ketika digigit.

 

Pada zaman kuno dulu, menggigit emas menjadi cara paling umum untuk memeriksa kualitas emas. Karena emas adalah logam lunak, jadi gigi harus meninggalkan bekas gigitan di atasnya.

 

Pada Olimpiade tahun 1912, medali emas tidak sepenuhnya murni. Medali olimpiade tahun itu 93 persen terdiri dari kandungan perak. Dan, hanya dilapisi 1,2 persen emas murni.

 

Namun, kebiasaan menggigit medali ini sempat ‘memakan’ korban. Pada tahun 2010, atlet dari Jerman, David Moeller harus kehilangan sepotong giginya akibat menggigit medali juaranya.

 

Itu sebabnya beberapa atlet sekarang hanya mencium medali mereka sebagai bentuk rasa hormat dan cinta pada ajang Olimpiade dan olahraga yang mereka cintai.(BB).