Peringatan Hari Peduli Autis Sedunia

  10 Mei 2017 TOKOH Denpasar

Humas Kota Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Peringatan Hari Peduli Autis Sedunia diperingati di Kota Denpasar yang tak terlepas dari adanya Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Denpasar yang dibangun sejak Tahun 2010 lalu.
 
Berbagai kegiatan menghiyasi Autism Awareness Day yang jatuh setiap tanggal 2 April dari kegiatan seminar pemahaman terhadap Autism, parenting yang melibatkan orang tua dan anak, hingga kegiatan budaya yang melibatkan anak-anak PLA Denpasar dan keterlibatan Center-center Pelayanan Autis di Kota Denpasar.
 
Kegiatan budaya menjadi agenda puncak peringatan Hari Peduli Autis Sedunia pada Selasa (9/5) di PLA Kota Denpasar yang dihadiri Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra, bersama Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar yang juga selaku Pembina PLA Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Wakil Ketua K3S Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharmawanita Persatuan Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara, dan OPD terkait Pemkot Denpasar.
 
“Awareness sebuah bentuk kesadaran sebagai hal penting dalam peringatan Hari Peduli Autis Sedunia lewat keberadaan PLA memberikan pendidikan serta peran orang tua dan masyarakat peduli keberadaan Autis,’’ ujar Walikota Rai Mantra.
 
Lebih lanjut dikatakan lewat peran serta kepedulian bersama dengan telah dicanangkannya Denpasar sebagai Kota Inklusi yakni memberikan pemenuhan pelayanan kepada masyarakat tanpa diskriminasi lewat terbentuknya PLA, sekolah pasar, serta keberadaan rumah berdaya bagi penyandang gangguan jiwa.
 
Pelayanan inklusi di Kota Denpasar tidak saja menjadi peran pemerintah namun dibutuhkan keterlibatan seluruh komponen masyarakat serta keberadaan komunitas dalam perkembangan pembangunan di Kota Denpasar.
 
 
“Fasilitas PLA telah ditunjang berbagai sarana prasarana dalam memberikan asesmen anak-anak autis,’’ ujar Rai Mantra
 
Ketua K3S Ny. Selly mengatakan keberdaan PLA tak terlepas dari keberadaan anak-anak autis di Kota Denpasar yang nantinya dapat memberikan kemudahan pelayanan secara baik terhadap anak autis. Dalam peringatan Hari Peduli Autis Sedunia ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan peningkatan pelayanan PLA Denpasar kepada anak-anak Autis.
 
"Kepada orang tua dan seluruh masyarakat dapat memberikan motivasi kepada anak-anak autis untuk dapat menjalankan kehidupan sehari-hari secara mandiri," ujar Ny. Selly
 
Sementara Ketua Pengurus Harian PLA Denpasar Nyoman Handika mengatakan dari tahun 2010 PLA Kota Denpasar melayani 30 anak, Tahun 2011, 42 anak, Tahun 2012, 65 anak, Tahun 2013 melayani 80 orang anak hingga Tahun 2017 ini telah melayani 102 anak.  Sedangkan anak yang telah dirujuk ke sekolah inklusi untuk mendapatkan pendidikan formal setara SD sebanyak 7 anak didik.
 
PLA Denpasar memiliki 7 layanan, meliputi Terapi Prilaku, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, Fisioterapi, Kelas Bina Diri, Kelas Pengembangan Diri, dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, serta Pemeriksaan kesehatan diberikan oleh Dokter Spesialis Anak dan Psikiater dari Rumah Sakit Umum Wangaya Denpasar. Serta yang terbaru PLA Denpasar memiliki Pool Therapi yang berada di dalam lingkungan PLA. (BB)