Pansus Ranperda Retribusi Jasa Umum Kunjungi RS Pratama Seririt

  10 Februari 2017 KESEHATAN Buleleng

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Buleleng. Pansus Ranperda Retribusi Jasa Layanan Umum DPRD Provinsi Bali, Jumat (10/2/2017) melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pratama di Desa Tangguwisea, Kecamatan Seririt, Buleleng. Rombongan Pansus yang dipimpin ketuanya, Ketut Suwandhi, S.Sos, diterima Kadis Kesehatan Kabupaten Buleleng, Maha Pratama, didampingi Plt. Direktur Rumah Sakit Pratama, Dr. Agustina Sombo Tumaang, tenaga medis, dan Kasi Sosial Kecamatan Seririt. 
 
 
Seperti diketahui, RS Pratama dibangun tahun 2015 meliputi bangunan fisik, dan pengadaan peralatan. Sedangkan pada tahun 2016 dilakukan perekrutan tenaga kerja. Dilanjutkan pada tahun 2017 melengkapi peralatan, kerjasama dengan BPJS dan melanjutkan pembangunan. Jenis layanan rumah sakit meliputi UGD, rawat jalan, rawat inap, pelayanan penunjang lainnya. Jumlah tenaga kerja 139 orang, dan saat kunjungan ini jumlah pasien rawat inap sebanyak 17 orang.
 
Pengenaan tarif pasien saat ini hanya mempergunakan Peraturan Bupati Buleleng, sedangkan perdanya masih dalam proses pengusulan. Hal ini dilakukan agar dapat lebih cepat melayani pasien dan tidak mengganggu aktivitas kunjungan pasien.
 
Dari hasil kunjungan kerja tersebut, permasalahan yang sangat perlu segera ditangani adalah kelengkapan peralatan dan kurangnya tenaga medis, dokter, dan dokter spesialis. Seperti peralatan pengobatan gigi tidak dioperasikan karena memang tidak ada dokter gigi di rumah sakit pratama ini.
 
 
Ketua Pansus Ketut Suwandhi menyarankan agar pihak RS segera mengajukan usulan. Kata dia, Pansus akan mengawal usulan tersebut dalam rancangan APBD Provinsi Bali. Kunjungan kerja tersebut diawali dengan melihat langsung ke masing-masing ruangan, ruang administrasi, ruang pasien, UGD, dan ruangan lainnya. (BB)