Mobil Paling Banyak Ditunggu-tunggu Akan Diperkenalkan Hari Ini

  02 Agustus 2016 EKONOMI Nasional

otodriver.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Mobil yang paling banyak ditunggu saat ini, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tampaknya akan diperkenalkan pada hari ini, Selasa, 2 Agustus 2016.

 

Kedua pabrikan mobil besar itu pada akhir pekan lalu di sebuah acara yang mereka sebut sebagai Kolaborasi Toyota dan Daihatsu 'In Harmony to Contribute to Indonesia'.

 

Dalam undangan memang tidak disebutkan apa nama produk yang bakal diperkenalkan dalam acara yang akan digelar di Karawang Assembly Plant, Karawang Timur, Jawa Barat tersebut. 

 

Namun, diyakini jika kolaborasi kedua merek itu akan terwujud dalam bentuk LCGC 7-seater bernama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

 

Dalam surat yang ditandatangani oleh Vice President Director Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dan Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra itu, tertera bahwa dalam acara tersebut akan ada protokoler kementerian. 

 

Sehingga besar kemungkinan perkenalan kedua mobil ini akan dihadiri Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto.

 

Sepertinya, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra belum akan diluncurkan ke publik, hanya sekadar dikenalkan ke awak media. 

 

Peluncuran resmi dan perkenalan kedua mobil ini ke publik baru dilakukan di ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan dibuka pada 11 Agustus mendatang.

 

Berdasarkan rumor yang beredar, Toyota Calya kemungkinan besar akan dipersenjatai dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter berkode 3NR-FE milik Toyota Etios. Tampaknya Toyota juga akan menyematkan teknologi Dual VVT-i dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

 

Sementara itu, Daihatsu Sigra kabarnya bakal ada dua pilihan mesin, yakni 3-silinder berkapasitas 1.0 liter VVT-i (sama seperti mesin yang digunakan pada Ayla dan Agya) dan mesin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter Dual VVT-i.

 

Untuk mesin 1.0 liter hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan, sementara mesin 1.2 liter tersedia transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

 

Calya dan Sigra adalah produk kolaborasi kelima antara Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Toyota Avanza-Daihatsu Xenia yang meluncur pada 2004, lantas Toyota Rush-Daihatsu Terios, serta Toyota Town Ace/Lite Ace-Daihatsu Gran Max yang lahir pada 2007, terakhir Daihatsu Ayla-Toyota Agya yang hadir pada 2013.‎ (BB/inilah).