Jelang G20, Polda Bali Siapkan Ribuan Personil dan Dilengkapi CCTV Face Connetion

  02 Agustus 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket Poto, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra didampingi Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana serta Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat jumpa pers sehabis kegiatan peresmian Pos Sudirman Dewata

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Persiapan keamanan menjelang perhelatan internasional G20 Kabupaten Jembrana terutama di pintu masuk Bali Pelabuhan Gilimanuk akan diperketat. Polda Bali juga akan mengerahkan personil sebanyak 6722 seluruh Bali yang dibantu dari unsur BKO Mabes Polri. Dikelola dengan Operasi Puri  Agung 2022. Operasi akan menyasar di beberap titik seperti bandara, perjalanan, tempat penginapan, maupun tempat-tempat lainnya yang digunakan delegasi selama kegiatan.

Hal tersebut diutarakan oleh Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra saat meresmikan Pos Pos Sudirman Dewata yang terletak di Perempatan Jalan Sudirman, Kecamatan Jembrana. Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patrianan Krisna.

“Pengamanan tidak hanya di Bandara dan penginapan-penginapan dan lokasi kegiatan, Kita juga akan memeprketat pintu masuk Bali di Pelabuhan Gilimnauk, Padang Bai, Celukan Bawang dan di Benoa, semua akan kita cover dengan pengamanan bersifat preventif dan juga pencegahan-pencegahan yang bisa kita lakukan,” terangnya. Selasa (2/8/2022).

Mengenai keberadaan Pos sudirman Dewata ini, lanjut Kapolda Jayan Danu, selain dijaga oleh petugas Lalu Lintas, pos ini juga dilengkapi sistem Smart dengan CCTV yang di lengkapi dengan sistem face connection yang bisa mengenali wajah. “Di Jembrana, selain ditempatkan di beberapa titik, akan tetapi kita pokuyskan di Pelabuhan Gilimanuk sebagi pintu masuk Bali, semua terkontrol dan terlihat dari pos ini yang sudah disediakan layar lebar,” bebernya.

Ia melanjutkan, selain dilengkapai CCTV, pos tersebut juga berisi pusat kendali informasi didalamnya, ini sangat berguna terhadap masyarakat. “Apabila masyarakat ada gangguan di perjalanan bisa melaporkan ke Pos ini, dan juga jika masyarakat ingin beristirakat Pos ini juga bisa dipergunakan. Tidak hanya fungsinya sebagi pengatur lalu lintas tapi juga fungsi-fungsi lainnya berkaitan dengan tugas kepolisian,” ucapnya.

Disinggung terkait keberadaan kamera Etle untuk mendeteksi terjadinya pelanggaran lalu lintas, kapolda Jayan Putra mengaku, saat ini masih belum tersedia. “Kita sudah mengarah kesana. Saat ini kita hanya menyediakan kamera CCTV  yang dilengkapi sistem face connection yang bisa mengenali wajah, untuk di Kabupaten Jembrana kita fokuskan pengecekannya di Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali,” ujarnya. (BB)