Gratis! Siwa Murti Kembali Gelar Pengobatan Sekala Niskala. Kali Ini di Nyitdah

  28 Januari 2017 KESEHATAN Tabanan

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Yayasan Siwa Murti Bali kembali gelar pengobatan sekala niskala secara gratis, pada Sabtu (28/1/2017) di wantilan Pura Dalem, Desa Pakraman Nyitdah.
 
Kegiatan pengobatan sekala niskala kali ini nampak beda dan menunjukan kolaborasi yang bagus diantara Pemimpin di Tabanan. Terbukti acara yang selalu dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti kali ini dipercayakan kepada Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya untuk menghadirinya.
 
 
Nampak pula pada kesempatan tersebut beberapa anggota DPRD Kabupaten Tabanan dari Fraksi PDI-P, Pinisepuh Siwa Murti Bali Mangku Subagya, Unsur Muspika Kediri, Perbekel dan Tokoh Adat Setempat.
 
Hal tersebut juga menunjukan kordinasi yang bagus diantara elite di Tabanan. Masyarakat pun sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka percaya, dengan ikut serta di dalam pengobatan sekala dan niskala ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan segala penyakit yang mereka derita.
 
Ketua Umum Siwa Murti Bali Jero Mangku Subagya mengatakan sangat bahagia melihat antusiasme masyarakat Nyitdah. “Saya selaku ketua Yayasan takkan akan surut untuk terus mendukung kegiatan kesehatan di Tabanan. Bukan saja kesehatan, program pendidikan serta kegiatan yang lain juga sudah kami siapkan dalam berpartisipasi mendukung program Pemkab Tabanan”, tukasnya.
 
“Saya juga sangat bangga, karena Bupati dan Wakil Bupati Pemkab Tabanan jadi penasehat kami. Semoga Tabanan makin sukses, dan dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan sapuleger massal. Kami mohon bantuan dan kerjasama dari pemkab dan masyarakat Tabanan supaya acara tersebut bisa berjalan dengan lancar”, pinta Subagya.
 
 
Ditambahkannya, kegiatan ini terbuka untuk umum bukan hanya dari Tabanan dan Bali, tetapi dari luar Bali juga bisa ikut berpastisipasi. Kegiatan kami ini murni tidak mengambil dari APBD. Pendanaan murni kumpulan dari sisia dan punia dari pihak-pihak lain seperti Pemkab dan DPRD Tabanan. “Ngiring, tiang siap nyarengin Program Tabanan, menuju harapan kedepan mewujudkan Tabanan yang Serasi”, jelasnya.
 
Sementara Wabup Sanjaya mengatakan safari kesehatan ini sangat kuar biasa. “Kami dengan Bupati Eka sebagai penasehat sangat mendukung acara ini, karena sangat membantu dan sesuai dengan program dari Pemkab Tabanan”, ujarnya.
 
“Semoga pengobatan ini bisa berlangsung di 133 desa di Tabanan. Bukan saja pengobatan, melainkan metatah, sapu leger dan apapun kegiatannya dilakukan secara gratis. Ini harus berkisenimbungan karena ini merupakan jalan temu wirasa juga dengan masyarakat. Agar kita dan masyarakat tidak ada jarak sehingga visi dan misi kabupaten Tabanan menuju Tabanan Serasi cepat terwujud”, harap Sanjaya.
 
Sanjaya juga menambahkan, Belia siap ngayah untuk masyarakat Tabanan. Dirinya juga mengajak semua sisia Siwa Murti agar secara tulus membantu masyarakat baik dalam pengobatan dan kegiatan sosial lainnya. “Kami di kabupaten meyakini adanya pengobatan sekala niskala ini merupakan kebutuhan dari masyarkat, maka dari itu perlu ketulusan dan jiwa yang bersih di dalam melaksanakannya”, tegasnya.
 
 
“Dan kami di Tabanan sangat bangga dengan kehadiran Perguruan Siwa Murti. Kami juga berharap kehadirannya ini bisa menghapus paradigma masyarakat bahwa di Bali untuk melakukan yadnya/upacara sangatlah mahal. Dengan adanya perguruan ini bekerjasama dengan pemkab telah menjawab paradigma masyarakat, bahwa melakukan yadnya tidak harus mahal”, tutup Sanjaya
 
Disela-sela acara Wabup Sanjaya bersama dengan beberapa Anggota DPRD Tabanan sempat juga mencoba pengobatan yang langsung ditangani Jero Mangku Subagya. Bukan hanya pengobatan sekala niskala, pada kesempatan tersebut juga disediakan pemeriksan kanker serviks dan pemberian kaca mata gratis. Secara keseluruhan kegiatan itu diikuti oleh 500 orang dari lingkungan Desa Pakraman Nyitdah. (BB)