Warga Dipaksa Menunggu Berjam-jam

Event Bali International Triathlon 2019 yang Disponsori Herbalife Nutrion, Menuai Protes

  10 November 2019 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Event tahunan Bali International Triathlon 2019 yang disponsori Herbalife Nutrion dan mengambil rute di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai Sanur, hingga ujung Pantai Sarangan, Sanur, Denpasar Selatan, menuai protes warga, Minggu (10/11) pagi. Pasalnya sejumlah pengendara baik motor dan mobil dipaksa menunggu berjam-jam untuk bisa menyeberang jalan keluar dari kawasan Sanur.
 
 
Bagaimana tidak, akses jalan dari dan menuju sejumlah pantai pantai di kawasan Sanur, Denpasar Selatan ditutup dan dijaga ketat petugas. Pantauan Baliberkarya.com, tampak sejumlah pecalang, Linmas, Dinas Perhubungan dan Petugas Kepolisian bahu membahu menutup rapat-rapat akses jalan tersebut.
 
Para warga yang hendak keluar dari kawasan Sanur mengeluh lantaran dilarang menyeberang. "Saya sudah dari pukul 07.15 wita mb duduk nunggu supaya bisa lewat tapi dilarang sama petugas," keluh Anton (45) salah satu gojek yang mendapat orderan mengantar penumpang ke kawasan Sanur, namun pas hendak keluar langsung dicegah petugas dan disuruh menunggu.
 
 
Begitu pula yang dialami Cintia (35) warga Sanur ini mengaku tidak tahu bahwa ada event tersebut, menurutnya pihak Herbalife kurang melakukan sosialisasi kepada warga Sanur langsung.
 
"Saya gak tahu saya pikir tidak ada acara ini, saya mau keluar gak bisa seharusnya Herbalife gencar sosialisasinya sekarang kan banyak media online, ini saya sudah bolak balik nyari jalan, capek," keluhnya. Terpaksa Cintia duduk menunggu hingga event selesai.
 
 
Sementara itu, dikonfirmasi kepada salah satu petugas dari Herbalife Nutrion yang enggan disebut namanya ini mengaku pihaknya sudah jauh-jauh hari menginfokan event tersebut.
 
 
"Ya sudah jauh-jauh hari kami info kalau hari ini ada event Bali International Thriathlon, mohon tunggu sampai pukul 11.00 wita," ucapnya saat ditanya Minggu (10/11). Saat ditanya kurangnya sosialisasi kepada warga, petugas tersebut berkilah jika dirinya hanya pegawai biasa yang disuruh menjaga lokasi acara.
 
Dikonfirmasi kepada Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo mengaku, event tersebut merupakan event tahunan yang biasa digelar dengan sponsornya Herbalife Nutrion. Saat ditanya susahnya akses keluar dan masuk menuju kawasan Pantai dan kurangnya sosialisasi dari pihak sponsor, Kasat Lantas langsung meminta media untuk menanyakan langsung kepada pihak panitia.
 
"Iya tolong tanyakan langsung ke panitia, tapi event ini event tahunan kami sudah mengingatkan kepada pihak panitia dalam rapat kalau ada acara begini harus disosialisasikan kepada warga," jelasnya.(BB)