Bahaya! Hindari Mengelap Vagina dengan Tissue Usai Bercinta

  04 Februari 2017 KESEHATAN Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Ketika usai berhubungan seksual tentu kita juga harus memperhatikan kebersihan organ vital kita terutama Mrs V atau vagina dengan membersihkannya.

Banyak wanita yang membersihkan vagina usai bercinta hanya mengelapnya menggunakan tissue saja, karena mereka berpikir membersihkan vaginanya cukup dengan mengelap sisa cairan yang keluar di mulut vaginanya saja.

BACA JUGA : Awas Kena Hack Kayak Habib Rizieq! Lakukan 7 Hal Ini Biar Aman

Namun ternyata menurut pakar kesehatan ginekologi, cara tersebut adalah salah. Membersihkan vagina usai bercinta tidak cukup hanya dengan mengelap vagina tersebut hanya dengan tissue bahkan tidak boleh.

Penggunaan tissue langsung ke area vagina tanpa membasuh vaginanya terlebih dahulu sangat tidak baik karena dapat menyebabkan vagina iritasi, tissue menempel dan masuk ke dalam vagina, mengganggu pH alami vagina, dan yang paling buruk adalah memicu partikel asing masuk hingga menyebabkan Vulvovaginitis.

BACA JUGA : Kontrol Emosi Pengguna Senpi, 47 Anggota Lanud Ngurah Rai Jalani Psikotes




Vulvovaginitis merupakan infeksi pada vagina yang menyebabkan vagina iritasi, gatal-gatal, dan bau tidak sebab yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh cepat di dalam vagina akibat pH yang tinggi dan tidak stabil.

Membersihkan vagina yang benar sebaiknya para wanita cukup mencucinya saja dengan air bersih dan kemudian mengelap vagina tersebut dengan menggunakan kain atau handuk bersih secara perlahan.

BACA JUGA : Pastika-Sudikerta "Nedunang" Keris, Gubernur: Maknai Tumpek Landep Momentum Pertajam Pikiran

Sebelum dicuci dengan air bersih ada baiknya para wanita buang air kecil terlebih dahulu agar sisa-sisa bakteri yang tertinggal terbawa keluar oleh urine. Menyiram airnya pun harus dari depan ke belakang, karena jika dari arah sebaliknya ditakutkan justru bakteri dari anus masuk ke vagina.

Hindari juga penggunaan sabun saat menbersihkan vagina karena mengganggu pH vagina dan dapat memicu vagina kering.(BB/hutomo).