Awas! Ada Banyak Jamu dan Kosmetik Berbahaya Beredar di Jembrana

  13 Juli 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Dinas Koperasi dan Perindustrian Jembrana kemarin mulai pagi hingga sore hari melakukan sidak ke sejumlah warung yang ada di Jembrana.
 
Dari hasil sidak hari kemarin petugas mendapati ratusan jenis obat, jamu dan kosmetik berbahaya di jual di sejumlah warung yang ada di Jembrana. 
 
Beberapa pedagang yang kedapatan menjual obat, jamu dan kosmetik berbahaya mengaku tidak tahu jika produk yang mereka jual berbahaya bagi kesehatan.
 
 
"Saya beli obat sakit gigi ini di pasar dan saya jual kembali karena banyak pembeli yang minta tapi saya ngak tahu obat ini berbahaya bagi kesehatan,” ujar Ketut Yasa, salah seorang pedagang di Jembrana.
 
 
Terkait temuan tersebut, petugas kemudiak memberikan surat teguran kepada pedagang dan mengamankan obat, jamu dan kosmetik berbahaya tersebut agar tidak diedarkan di masyarakat 
 
"Banyak obat dan jamu berbahaya yang kita temukan dijual di warung-warung, termasuk kosmetik mengandung bahan kimia mercuri,” terang Kadis Koperindag Jembrana Gede Budiarta. 
 
Terhadap temuan tersebut pihaknya telah mengamakan obat, jamu dan kosmetik berbahaya tersebut agar tidak beredar di masyarakat dan memberikan pembinaan terhadap pedagang.
 
 
Lanjutnya, obat, jamu dan kosmetik berbahaya ini jika dikonsumsi dan digunakan terus menerus dapat menimbulkan berbagai penyakit hingga menyebabkan kematian.
 
Menurutnya, sidak serupa akan terus dilaksanakan hingga beberapa hari kedepan guna menekan peredaran obat, jamu dan kosmetik berbahaya di Jembrana.(BB)