Astaga! Ribuan Warga Jembrana Berpotensi Kehilangan Hak Pilih

  22 Maret 2018 OPINI Jembrana

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Ribuan warga Jembrana berpotensi kehilangan hak pilih lantaran belum memiliki KTP-Elektronik.
 
 
Ketua KPU Jembrana, I Gusti Ngurah Agus Darma Sanjaya, Kamis (22/3) mengatakan, dari DPS (Daftar Pemilih Sementara) 227.722 orang pemilih terdapat 2.787 pemilih potensial yang belum memiliki KTP-Elektronik. DPS menurutnya diplenokan pada 15 Maret 2018 lalu.
 
“Agar dapat memilih secara aturan mereka harus memiliki KTP-Elektronik,” ujarnya.
 
 
Didampingi tiga komisioner KPU lainnya, Darma Sanjaya mengatakan dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemuktakhiran Data Pemilih (PPDP) yang menjadi acuan utama adalah KTP-Elektronik.
 
 
Terkait hal tersebut lanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jembrana dengan harapan semua pemilih potensial tersebut terakomodir.
 
 
Pemilih potensial yang belum memiliki KTP-Elektronik menurutnya tersebar di seluruh kecamatan di Jembrana. Dari pendataan mereka terdata di 288 TPS di 47 desa/kelurahan dari total 51 desa/kelurahan di Jembrana.
 
 
Masyarakat sambungnya dapat melakukan tanggapan terkait DPS selama 10 hari dari 24 Maret sampai 2 April 2018 untuk selanjutnya dilakukan perbaikan DPS.(BB)