Akibat Cuaca Buruk,KMP Munic III Kandas‎ di Pelabuhan Gilimanuk

  11 Oktober 2016 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Cuaca buruk kembali menerjang selat Bali. Akibatnya, Kapal Motor Penumpang (KMP) Munic III kandas di perairan dangkal dan tersangkut di karang saat hendak sandar di pelabuhan Gilimanuk, Selasa (11/10/2016).
 
 
Peristiwa tersebut terjadi tadi pagi sekitar pukul 04.30 wita. Bermula saat KMP Munic yang dinahkodai oleh Eko Marta, berlayar dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk dengan membawa 23 ABK, 52 penumpang, 2 unit truk besar, 1 bus sedang dan 2 kendaran kecil.
 
 
Diawal perjalanan tidak terjadi hambatan. Namun begitu mendekati dermaga Gilimanuk, tiba-tiba angin bertiup kencang dan arus di selat Bali sangat deras, sehingga kapal tersebut terhempas dan terseret ke perairan dangkal sehingga kandas dan tersangkut di karang.
 
 
"Kebetulan saat itu air di selat Bali sedang surut, jadi untuk melakukan evakuasi terpaksa menunggu air pasang," ujar Papet, salah seorang Satpam pelabuhan Gilimanuk.
 
 
Mengetahui ada kapal kandas pihak Syahbandar langsung memberi bantuan terutama untuk melakukan evakuasi terhadap 52 penumpang kapal dengan menggunakan perahu kecil/skuci.
 
 
Tidak ada korban dalam musibah tersebut dan seluruh penumpang bisa dievakuasi. Setelah sempat beristirahat di pelabuhan Gilimanuk, akhirnya para penumpang diberikan melanjutkan perjalanan menuju Denpasar dan tujuan lainnya di wilayah Bali.
 
 
Pihak otoritas pelabuhan dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut dan hingga siang ini kapal belum bisa dievakuasi. Rencananya evakuasi baru akan dilaksanakan setelah air pasang atau sekitar pukul 15.00 Wita.(BB).