Ketua TP PKK Denpasar Tinjau Lomba Kreasi Nasi Tumpeng di Kelurahan Tonjo

  16 Juni 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Lomba Nasi Tumpeng dalam gelaran peringatan Bulan Bung Karno di gelar Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Jumat (16/6) di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng. Perlombaan ini ditinjau Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana. 

10 kelompok PKK Banjar di wilayah Kelurahan Tonja beradu kreasi membuat nasi tumpeng. Ny. Antari Jaya Negara juga berkesempatan mendokumentasikan karya kreatifitas ibu-ibu PKK dalam menata nasi tumpeng. "Kami mengapresiasi kreatifitas ibu-ibu PKK banjar di Kelurahan Tonja menata hidangan nasi tumpeng yang sangat apik dalam peringatan Bulan Bung Karno tahun ini," ujar istri dari Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara disela-sela peninjauan. 

Lebih lanjut Antari Jaya Negara menyampaikan peringatan Bulan Bung Karno dengan keterlibatan peran perempuan dalam pembangunan sangat penting dan tak dapat diabaikan. Perempuan memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan politik suatu negara. Sehingga dalam peringatan Bulan Bung Karno dengan keterlibatan PKK banjar setempat yang juga untuk mempromosikan semangat nasionalisme, memperkuat pemahaman sejarah, dan membangun kesadaran akan perjuangan dan jasa Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. "Selamat berlomba dan berkreatifitas nasi tumpeng sebagai hidangan tradisional Indonesia yang biasanya disajikan dalam bentuk kerucut dengan nasi kuning sebagai bahan utama, disertai dengan lauk-pauk dan aneka makanan pendamping," ujar Antari Jaya Negara.

Sementara Lurah Tonja, I Made Sunantra menyampaikan Bulan Bung Karno merupakan sebutan untuk bulan Juni di Indonesia, yang diambil dari nama Bung Karno, yaitu julukan untuk Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Bulan ini diperingati sebagai penghormatan dan mengenang perjuangan serta jasa Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Peringatan bulan Bung Karno penting untuk memastikan bahwa warisan sejarah dan nilai-nilai yang diusung oleh Bung Karno tetap hidup dan menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

Melalui peringatan ini, diharapkan dapat terus ditanamkan semangat patriotisme dan cinta tanah air kepada seluruh masyarakat. Pada tahun ini perlombaan nasi tumpeng digelar dengan melibatkan 10 PKK banjar yang ada di Kelurahan Tonja. "Persiapan sosialisasi lomba ini telah terlaksana dan para pemenang nantinya akan mendapatkan piagam penghargaan dengan melibatkan tim juri yang telah berpengalaman," ujarnya.