Jelang Nataru dan Hari Raya, Harga Bahan Pokok, Daging Babi dan Ayam Merayap Naik

  12 Desember 2022 EKONOMI Jembrana

Ilustrasi (Ist)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dan bertepatan di awal tahun baru 2023 hari raya Galungan dan Kuningan, harga daging babi dan ayam sudah mulai naik akan tetapi belum secara signifikan. Diprediksi kenaikan terjadi pada akhir tahun 2022. Selain itu harga bahan pokok juga sudah mulai naik di Pasar Umum Negara

Saat dikonfirmasi awak media peternak babi asal Melaya, I Ketut Subanda mengatakan, menjelang Nataru dan hari raya Galungan dan Kuningan memang ada kenaikan akan tetapi kenaikannya hanya sedikit. “Naiknya sedikit hanya Rp. 2.000 rupiah,awalnya harga perkilo Rp 35-36 ribu rupiah tetapi sekarang di angka Rp. 38-39 ribu per kilogramnya,” terangnya. Senin (12/12/2022).

Dirinya berharap kondisi tersebut terus membaik pasca menjelang hari raya Galungan dan Kuningan di awal tahun 2023. ”Saya prediksi pada akhir tahun atau seminggu menjelang hari raya harga akan naik, ya kemungkinan naik seperti tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Di pasar Umum Negara, Pedagang ayam ras Supardi 42 tahun mengatakan, harga ayam potong sudah mulai naik, sebelumnya harga Rp. 32 ribu perkilonya kini naik menjadi Rp. 35 ribu perkilonya. Kenaikan harga masih belum signifikan cuman Rp. 3 ribu perkilo.

 Sementara salah satu pedagang di Pasar Umum Negara bernama Ni Wayan Muliada menuturkan, kenaikan harga kebutuhan pokok sudah mulai dirasakan, salah satunya harga bawang putih mengalami kenaikan dari Rp. 20 ribu naik Rp. 22 ribu. Sementara untuk harga cabai rawit memgalami penurunan harga dari Rp. 40 menjadi Rp. 35 ribu

"Kalau sekarang naiknya cuman sedikit, kemungkinan mendekati hari raya nanti baru dirasakan. Terlebih jika pasokan dari distributor sedikit, harganya pasti melonjak," katanya.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Jembrana, I Komang Agus Adinata mengatakan, secara umum harga bahan pokok rata-rata masih stabil. Namun, dari hasil pemantauan tim di lapangan, ada beberapa kenaikan seperti daging ayam dan bawang putih.

"Ada kenaikan harga kebutuhan pokok di Jembrana, namun tidak signifikan. Dari data untuk daging ayam naik sebesar Rp. 3 ribu. Awalnya Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu. Kemudian untuk bawang putih naik Rp. 2 ribu dari Rp20 ribu menjadi Rp22 ribu," pungkasnya. (BB)