Cegah Longsor dan Banjir, TMMD Bangun Senderan dan Drainase di Pebuahan

  19 September 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto: TMMD di Banjar Pebuahan Senderan dan Drainase sudah selesai

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. TMMD yang di garap oleh anggota Kodim 1617 Jembrana berkaloborasi dengan warga Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana sudah menacapai pembuatan senderan dan drainase. Lokasi yang sering terkena banjir saat hujan kini diyakini bisa terbebas dari banjir.

Salah satu warga bernama Ibuk Luh 42 tahun mengucapkan terima kasih atas adanya TMMD tersebut. Dirinya merasa aman dari banjir dan tanah longsor lantaran saluran air dan tebih sudah di sender. "Saya mewakili masyarakat Desa Banyubiru banyak-banyak terima kasih dengan adanya Pra TMMD ini. Desa saya menjadi jauh lebih bagus, khususnya di struktur jalan,” ujarnya. Selasa (19/9/2023).

Menurutnya, jika saat hujan pihaknya sangat susah untuk beraktivitas karena banjir dan jalan longsor. Dengan adanya TMMD ini pihaknya merasa sangat terbantu, akses jalan dan senderan serta drainase sudah dibuatkan. “Sekarang jalan sudah bagus dan tebing disender sehingga saat hujan yidak longsor lagi. Mudah-mudahan dengan adanya drainase tidak banjir lagi,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Babinsa Serda Roni Hermawan mengatakan, Pembuatan penahan tanah ini bertujuan mencegah longsor saat musim hujan. Pembuatan pondasi penahan tanah ini menekankan pada ketepatan dan kekuatan struktur. "Kita perlu memastikan pondasi ini kokoh saat terjadi hujan," terangnya.

Ia juga menambahkan, kegembiraannya melihat antusiasme warga setempat dalam proyek ini, menegaskan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan adanya TMMD, pembangunan yang telah dikerjakan bersama-sama ini dapat bertahan lama dan dirawat dengan baik oleh warga Desa.

"Di tengah cuaca yang panas menyengat tidak menjadi penghalang pada pelaksanaan kegiatan Pra TMMD. Kami akan tetap terus berlanjut tanpa mempengaruhi mental dan semangat kerja anggota prajurit di lapangan," ujar Satgas Pra TMMD.