Baliberkarya.com - Suara Rakyat Bali Membangun

JL. Patih Nambi XII No.5, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara

Call:081353114888

redaksi@baliberkarya.com

Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Perancak, Diduga Berusia 30 Tahun

Minggu, 09 Juni 2024

Baliberkarya.com - Suara Rakyat Bali Membangun

Ket poto: Penyu lekang ditemukan mati di Pantai Perancak

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Seekor penyu lekang raksasa ditemukan mati di pesisir pantai Desa Perancak, Jembrana, Bali pada hari Minggu (17/9/2023). Penyu betina dengan panjang karapas 72 cm dan lebar 30 cm ini diperkirakan berusia sekitar 30 tahun.

Menurut Koordinator Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih, Wayan Anom Astika Jaya, penyu tersebut ditemukan oleh warga sekitar pukul 08.00 wita dalam kondisi sudah membusuk dan hancur di sebelah barat penangkaran penyu.

"Penyebab kematian tidak bisa dipastikan karena sudah membusuk dan tidak bisa dilakukan nekropsi," jelas Anom.

Dikarenakan kondisinya yang sudah membusuk dan berbau, penyu tersebut langsung dikubur oleh Anom dan timnya. "Kami langsung kubur karena sudah bau, untuk mencegah terjadinya masalah lingkungan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait," ungkapnya.

Anom menghimbau masyarakat untuk lebih proaktif dalam menjaga kelestarian penyu di alam. Ia meminta masyarakat untuk berhenti memburu penyu jenis apapun.

"Sebagai kelompok pelestari penyu, kami terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan penyu yang merupakan satwa dilindungi," papar Anom. (BB)

 


Berita Terkini