Lomba Pembacaan UUD 1945, Sebagian Besar Peserta Kurang Siap Mental

  15 November 2016 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Klungkung. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI, Pemkab Klungkung menyelenggarakan berbagai macam kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan mengadakan kegiatan lomba Pembacaan UUD 1945 yang diselenggarakan di Wantilan Sidhi Graha SMPN 2 Semarapura, Selasa (15/11/2016).
 
Peserta lomba terdiri dari perwakilan masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Klungkung dengan jumlah peserta 38 orang. Kriteria lomba salah satunya harus memakai pakaian KORPRI, kejernihan vocal, kesesuaian artikulasi, ketepatan enjabemen atau intonasi serta keutuhan dan kestabilan. Dalam acara lomba yang diselenggarakan pihak panitia sebagian besar peserta dari awal mulai lomba sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk tehnik membaca, “ Karena ini lomba, saya yakin semuanya pada grogi, ” terang Cok Nala, salah satu peserta lomba.
 
Panitia Penyelenggara Lomba I Ketut Budiarta menyampaikan lomba Pembacaan UUD 1945 ini menyediakan tiga (3) orang juri dari berbagai unsur diantaranya;  Made Sujaya dari IKIP PGRI Bali, I Made Astra Prayoga dari SMAN 3 Denpasar dan I Made Adnyana dari kalangan media. Menurut salah satu juri mengatakan bahwa lomba pembacaan UUD 1945 ini masih berjalan normatif atau biasa saja sama seperti tahun sebelumnya, dan bahkan untuk kali ini pihak juri merasakan hampir beberapa peserta yang ikut kelihatan seperti terpaksa dan belum siap mental/ grogi dan juga hanya  sekedar ikut,” terang Made Astra Prayoga.
 
Diakhir acara lomba setelah semua peserta selesai melakukan pembacaan UUD 1945 pihak juri melakukan diskusi untuk menentukan siapa yang bakal jadi pemenang. Dan pada akhirnya juri mengumumkan para pemenangnya, semua peserta merasa penasaran menanti pengumuman dari pihak juri. Juara pertama (1) dengan Nomor dada 02 dengan jumlah nilai 879 atas nama IGede Ngurah  Lana Saputra dari Badan KESBANGPOLINMAS, juara kedua  (2) dengan nomor dada 13 total nilai 835 atas nama Ni Wayan Suarni  dari  Kelurahaan Semarapura Tengah dan juara ketiga (3) dengan nomor dada 20 dengan total nilai 805. Dari Sat Pol PP. (BB).