Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara Siap Tempur Lawan Teroris

  15 Mei 2018 OPINI Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Selain Kepolisian dan TNI di wilayah, Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 741 Garuda Nusantara melakukan uji siap tempur untuk menghadapi segala ancaman, baik ancaman perang maupun terorisme.
 
 
Komandan Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara Letkol Inf. Rudy Markiano Simangungsong beberapa waktu lalu mengatakan, uji siap tempur yang dilakukan selama empat hari tingkat kompi dilakukan untuk menguji kesiapan tingkat kompi dari aspek personil, keterampilan dan teknik bertempur serta perawatan alutsistanya.
 
“Dengan ujian ini, pasukan hatus siap bertugas sesuai perintah pimpinan. Tidak ada lagi pasukan yang loyo mapun ogah-ogahan, harus siap kapanpun diperlukan,” ujarnya beberapa waktu lalu.
 
 
Dengan uji siap tempur ini, pasukan,  sewaktu-waktu siap diterjunkan, baik untuk pertempuran dengan didukung alutsista yang ada maupun operasi teritorial untuk penanggulangan aksi terror.
 
"Tugas pokok kita latihan tempur itu. Muaranya ini nanti kesiapan operasional, kesiapan prajurit dari fisik, mental dan alutsista," ujarnya saat ditemui pada penutupan pelaksanaan Uji Siap Tempur beberapa waktu lalu di lapangan Nusasari, Kecamatan  Melaya.
 
 
Kesiapan prajurit, lanjutnya, tidak hanya untuk bertempur. Misalnya untuk agenda IMF yang akan digelar di Bali 2018 mendatang, prajurit Yonif sudah siap melaksanakan tugas.
 
 
Karena bisa saja nanti, alutsista siap tetapi prajurit tidak siap. Selain itu, terkait dengan maraknya serangan teror saat ini, Yonif Mekanis sifatnya backup. Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan Yonif siap, misal Kodim membutuhkan tinggal lapor minta penambahan pasukan. Pasukan dari Yonif sendiri ada sekitar 700 orang terbagi lima kompi. Empat kompi ada di Jembrana dan satu kompi ada di Gianyar. 
 
Dalam kesempatan itu, Danyon menyebutkan bahwa sebagai satuan tempur belum memiliki tempat latihan spesifik, jadi menggunakan hutan dan lahan warga. Karena itu pihaknya berterima kasih kepada masyarakat setempat serta pemerintah desa, kecamatan mapun kabupaten yang telah memberikan tempat untuk berlatih.
 
“Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat sekitar karena dengan kegiatan latihan ini, masyarakat menjadi terganggu,” tutupnya.
 
 
Diakhir kegiatan, setelah ratusan personil Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara melaksanakan uji siap tempur, diberikan kesempatan sejenak oleh pimpinan untuk menghilangkan kelelahan dan kepenatan dengan bersama-sama berjoget ria ala prajurit mengikuti alunan biduan dangdut dari Yayasan Seni Jembrana (YSJ). Ratusan prajutit dan sejumlah Komandan Kompi serta pejabat lainnya saat itu larut dalam suasana kegembiraan penuh kekeluargaan.(BB)