Walikota Jaya Negara Mendem Pedagingan Bale Piyasan Pura Desa Adat Penyaringan Sanur

  27 Maret 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara melaksanakan mendem pedagingan dan pemelaspasan mengingat telah rampungnya renovasi Bale Piyasan di Pura Dalem Gunung Sari dan Pura Desa Adat Penyaringan Sanur, Senin (27/3).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Bali, AA Gede Agung Suyoga, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Wayan Mariana Wandira, OPD terkait serta Bendesa dan tokoh adat setempat.

Walikota Jaya Negara mengatakan, selain untuk meninngkatkan keharmonisan masyarakat khususnya di Desa Adat Penyaringan, pelaksanaan upacara  ini juga diharapkan mampu memancarkan energi positif di wilayah Desa Adat Penyaringan dan di Kota Denpasar pada umumnya.

“Ini merupakan salah satu penerapan dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya Karya Pemelaspas dan Mendem Pedagingan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Desa Adat Penyaringan,” kata Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia Karya, Putu Edgar Tanaya mengatakan dengan rampungnya renovasi Bale Piyasan di Pura Dalem Gunung Sari dan Pura Desa Adat Penyaringan Sanur diadakan pemelaspasan serta mendem pedagingan. Pelaksanaan renovasi Bale Piyasan ini telah dimulai 27 Februari lalu hingga sebelum hari raya Nyepi dan sekarang di pelaspas.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemkot Denpasar. Dan kami berharap dengan pelaksanaan ini agar dapat terus mempertahankan tradisi, adat, dan budaya serta keharmonisan umat di Kota Denpasar, khususnya di Desa Adat Penyaringan,” katanya.

Selebihnya dikatakan Edgar  selama pelaksanaan upacara ini, dipuput Ida Pedanda Griya Jelantik Intaran Sanur. (Rls/BB)