Wakil Walikota Ajak Anggota STT Tingkatkan Kreativitas dan Kompetensi

  13 Juni 2016 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Serangkaian dengan HUT ke-61 Sekaa Taruna Teruni (ST) Sukarela Banjar Kepisah, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan diadakan lomba Mekendang Tunggal dan Lomba Tari Jauk Manis. 
 
Lomba berlangsung meriah tersebut dibuka  langsung Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara. Sebelum acara dimulai Wakil Walikota IGN Jaya Negara yang dikenal sebagai seniman ini juga sempat ikut menabuh (mekendang) dengan anggota STT. Dengan piawai Jaya Negara memainkan kendang sebagai  tanda dimulainya lomba Mekendang Tunggal  dan lomba tari Jauk Manis di banjar setempat, Minggu (12/6/2016).               
 
Acara yang berlangsung meriah dan penuh keakraban juga dihadiri Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa, Camat Denpasar Selatan AA. Gde Risnawan, Lurah Pedungan AA. Gde Oka, Bendesa Pedungan Gusti Putu Budiarta serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.
 
Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar Jaya Negara mengajak seluruh anggota STT Sukarela Br. Kepisah Pedungan untuk selalu meningkatkan kreativitas dalam mengisi kegiatan di banjar. Dikatakan lomba Mekendang Tunggal dan Jauk Manis  ini sangat bagus dalam menjaga dan melestarikan seni budaya Bali. Anggota STT merupakan generasi muda dan generasi penerus yang bertugas untuk melestarikan seni dan budaya Bali.
 
 “Ditangan generasi muda lah nasib seni dan budaya bali berada. Walaupun demikian dalam mengahadapi kemajuan jaman saat ini anggota STT juga harus selalu meningkatkan pengetahuan dengan mengadopsi kecanggihan teknologi informasi,” kata Jaya Negara. 
 
Harus dipadukan antara seni tradisi dengan kemajuan teknologi sehingga bisa saling mendukung. Demikian juga dalam mengadapi persaingan di era MEA ini generasi muda harus membekali diri dengan keterampilan atau skill serta kompetensi yang memadai sehingga bisa bersaing dalam dunia global. Selain itu Jaya Negara juga mengajak anggota STT Banjar Kepisah  untuk ikut peduli dengan kebersihan lingkungan.
 
“Mari tingkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan mulai dari sendiri dan lingkungan keluarga. Saya berharap generasi muda menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan,” kata Jaya Negara.
 
Ketua Panitia  HUT ke 61 STT Sukarela AA. Putra Dwipayana  yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, dalam menyambut HUT STT Sukarela    selain menggelar lomba Mekendang Tunggal dan Jauk Manis pihaknya juga  menggelar berbagai kegiatan jalan sehat, bersih-bersih lingkungan serta kegiatan sosial lainnya. “Dengan kegiatan ini kami ingin mengajak seluruh anggota kami untuk mencintai seni budaya Bali, dan ikut melestarikan seni budaya Bali, serta ikut menjaga kebersihan lingkungan.
 
Walaupun kecil kami berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangan dalam mendukung Denpasar sebagai Kota yang berwawasan budaya,” katanya. Kegiatan lomba mekendang Tunggal dan jauk Manis di ikuti 30 orang peserta dari katagori umum. “Dengan memperingati HUT Ke-61 ini kedepan kami berharap dengan adanya rasa kekeluargaan dilingkungan kami semoga bisa menjalin kebersamaan dan kekompakan lebih erat lagi” kata Dwipayana. (BB).