Waduh, Ternyata Separuh Desa di Indonesia Belum Teraliri Listrik

  22 Mei 2016 PERISTIWA Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com. Nasional, Separuh desa di Indonesia ternyata masih belum dialiri listrik, terutama di wilayah Indonesia Timur.
 
"Dari 82.190 desa di Indonesia, sebanyak 42.352 desa belum berlistrik," ucap Ketua Satuan Tugas Program Indonesia Terang (PIT) Said Didu, Sabtu (21/5/2016).
 
Dari jumlah tersebut, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur listrik di 12.659 desa tertinggal karena desa-desa tersebut belum memperoleh akses listrik dari jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
Desa-desa tersebut sebagian besar tersebar di Provinsi Papua dan di kawasan timur Indonesia lainnya. "Prioritasnya Indonesia bagian timur bisa terang," ujarnya.
 
Program Indonesia Terang (PIT) digelar dalam rangka memenuhi target peningkatan rasio elektrifikasi nasional dari 85 persen pada 2015 menjadi 97 persen tahun 2019.
 
Ia mengatakan PIT menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi yang berasal dari daerah setempat berupa energi terbarukan seperti energi surya, air, angin, biomassa, hingga arus laut.
 
"Dengan memanfaatkan energi setempat, pembangunan pembangkit dan transmisi listrik dapat dibangun secara lokal (off-grid), berbasis desa atau pulau, dan tak harus menunggu datangnya jaringan listrik dari pusat," tambahnya. (BB/Inilah).