Wabup Wayan Diar Berharap Jegeg Bagus Bangli Terpilih 2023 Jadi Inspirasi dan Agen Perubahan Positif

  15 Mei 2023 HIBURAN Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar yang diawali dengan penancapan kayonan saat membuka Malam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Bangli Tahun 2023 di stage Alun alun Kota Bangli, Minggu (14/5) yang dihadiri Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Perwakilan dari anggota Forkompimda, Kabupaten Bangli, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Kabupaten Bangli Ny. Suciati Diar, Pimpinan OPD, Camat se-Bangli, Dirut RS BMC Bangli, BPD Bali Cabang Bangli, Direktur Bank Daerah Bangli dan undangan lainnya.

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar yang diberi mandat Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta untuk menyampaikan sambutan pada malam Grand Final Jegeg Bagus Bangli 2023 menyampaikan, pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya ajang jegeg bagus Bangli tahun 2023 ini, dimana ajang ini merupakan bagian pembinaan generasi muda dalam penghayatan nilai-nilai wawasan kepariwisataan dan kebudayaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari terobosan pembangunan di Kabupaten Bangli.

“Kita sadar, generasi muda merupakan bagian dari masyarakat produktif yang menjadi subjek dalam pembangunan, tentunya harus dipersiapkan dengan baik agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing untuk memupuk bakat dan prestasi generasi muda, dan tetentunya mampu membawa misi sebagai duta kabupaten dengan tetap menjaga kelestarian seni, adat tradisi budaya Bangli yang adiluhung sehingga jegeg bagus 2023 ini menjadi agen perubahan positif dikalangan pemuda pemudi Bangli yang mampu menularkan kegiaan positif di masyarakat dan menjadi inspirasi generasi muda di Kabupaten Bangli,“ tegas Wabup

Terkait penilaian kontestan jegeg bagus Wabup Diar berharap jujur adil dan transparan dari para juri tanpa ada intervensi dari pihak manapun sehingga dapat menghasilkan wakil terbaik Bangli kedepan untuk ajang yang lebih tinggi.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Bangli I Wayan Sugiarta dalam laporannya menyampaikan, rangkaian dari pemilihan jegeg bagus telah dimulai dari bulan Pebruari 2023 dengan road show/sosialisasi ke SMU, SMK, Universitas dan beberapa seka truna di Kabupaten Bangli melalui media offline dan media online. Dengan proses yang dilalui para peserta adalah seleksi awal dan wawancara terkait pengetahuan umum, kemampuan dan bakat serta public speaking masing masing peserta. Dimana   seleksi awal telah terlaksana pada tanggal 1 April 2023 di Ruang Rapat Krisna dan Gedung BMB yang terjaring 10 pasang finalis jegeg bagus Bangli untuk tahun 2023.

“Dari hasil penjaringan ini, peserta dikarantina diisi dengan pembekalan materi dari Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Parbud, Himpunan Pengusaha Muda, alumni jegeg bagus Bangli selama satu bulan setiap hari sabtu dan minggu yang bertempat diruang rapat krisna dan beberapa tempat lainnya sehingga layak tampil di grand final pemilihan jegeg bagus 2023 pada malam ini,” terang Kadis Parbud wayan Sugiarta.  

Lebih lanjut disampaikan, pemilihan jegeg bagus Bangli adalah ajang pemilihan duta pariwisata Kabupaten Bangli yang merupakan kegitan tahunan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, dimana pemilihan jegeg bagus ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dibidang pariwisata dan juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuh kembangkan sikap kreatif , inovatif, sportivitas , berwawasan luas dan berprilaku positif khususnya bagi generasi muda Bangli yang menghasilkan satu pasang jegeg bagus Bangli untuk mewakili Bangli ketingkat provinsi Bali.

Dari hasil penilaian dewan juri akhirnya mengumumkan sebagai jegeg winner 2023 adalah Ni luh Putri Damayanti, Jegeg runner up 1.  A.A ayu Mirandina jegeg runner up 2 Ni Luh Anik Mertaningsih sedangkan untuk Bagus 2023 sebagai Bagus winner adalah Kadek Sathyananda Ngurah Guntaro, Bagus runner up 1 I Nengah Adi Drastrawan, Bagus runner up 2 Ida Bagus Gede Satya Baswara. (Rls/BB)