Wabup Ipat Pantau Arus Balik, Kunjungi Pelabuhan Ketapang

  08 Mei 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Wabup Ipat saat kunjungan ke PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Banyuwangi memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna (Ipat) didampingi Kadis Perhubungan I Ketut Wardananaya mengunjungi PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Banyuwangi, Sabtu malam (7/5).

Wabup Ipat meninjau langsung situasi arus balik bagi (PPDN) Pelaku Perjalanan Dalam Negri) yang akan masuk Bali. Selain itu guna berkordinasi dengan PT ASDP Ketapang  mengantisipasi lonjakan kendaraan  yang akan masuk ke Bali pada puncak arus balik saat ini.

Dari pantauannya ,Wabup Ipat ingin ada PT ASDP mempersiapkan situasi di Pelabuhan Gilimanuk jika terjadi penumpukan volume kendaraan di Pelabuhan Ketapang. “Kunjungan hari ini dalam rangka peesiapan  kita di Gilimanuk. Jadi keadaan di Ketapang ini harus kita tau agar kita sudah bisa siap jika terjadi penumpukan volume kendaraan arus balik, sehingga di Gilimanuk kita sudah siap” terangnya.

Lebih lanjut Wabup Ipat menilai situasi arus balik saat ini sangat lancar karena tidak ada penumpukan kendaraan yang signifikan. Sehingga kekhawatiran terjadinya penumpukan volume kendaraan bisa teratasi. “Arus balik ini kalau pengamatan saya hari ini lancar, lancar sekali kalo saya bilang karena hampir tidak ada penumpukan sampai di jalan nasional bahkan, sehingga di Jembrana sudah sangat siap dan saya kira tidak ada hal hal khusus yang perlu kita siapkan,” imbuh Wabup.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan I Ketut Wardananaya menambahkan , kunjungan hari ini adalah memastikan bagaimana situasi dari arah Jawa menuju ke Bali, agar bisa dapat diantisipasi  penumpukan kendaraan di Bali. “Apabila disini terjadi penumpukan besar maka di Bali akan kita buatkan rekayasa lalulintas, sehingga bisa sama sama lah di Bali juga jalan di Ketapang juga jalan” tambahnya.

Ditemui dilain kesempatan General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk Hasan Lessy mengatakan situasi pada puncak arus balik saat ini sangat kondusif dan bisa dibilang lancar karna sudah memberlakukan percepatan dari segi pelayanan dan keberangkatan  kapal.

“Puncak arus balik ini kita prediksi tanggal 7 sampai tanggal 8, tapi kita lihat dilapangan saat ini kan ngalir saja karena memang persiapan,  kapal yang beroprasi disini  kurang lebih 46 kapal  tapi yang terjadwal hari ini 32 kapal beroprasi, itu waktu yang dibutuhkan kapal untuk berlabuh dari 45 menit kita kurangi menjadi 30 menit dan dari pelayanan 8 menit, sehingga pergerakanya cepat dan terurai dari antrean yang ada,“ ujarnya. (BB)