Wabup Diar Bangga Harmonisasi Semua Pasemetonan Tetap Jaga Nilai Luhur, Dresta Adat dan Budaya

  30 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Ungkapan itu disampaikan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar saat menghadiri undangan serangkaian upacara dibeberapa tempat di Kecamatan Susut pada Senin (29/5)

Hal senada disampaikan Wakil Bupati (wabup) Bangli I Wayan Diar ditengah tengah menghadiri 3 undangan (uleman) di kecamatan Susut yakni upacara Rsi Gana lan mendem pedagingan di merajan dadia arya kenceng tegeh kori, desa Adat Sala, Upacara Rsi Gana lan mendem pedagingan di Merajan Dadia Pande Desa Adat Sala dan Upasaksi Ngenteg Linggih di Pura Dalem Pande Desa Adat Apuan.

Lebih lanjut disampaikan Wabup I Wayan Diar, dirinya merasa senang karena pasemetonan ini sudah besatu tatkala menjalankan upacara yadnya dengan ikhlas sesuai dresta dan keyakinan, dan ini merupakan bagian terpenting sebagai modal besar membangun kemajuan kabupaten Bangli kedepan.

“Dari semua pasemetonan baik dadia, banjar dan adat yang melaksanakan upacara di Bangli menunjukan persatuan yang amat kuat. Dilihat dari sisi upakara berjalan sesuai harapan,saling membantu ,gotong royong utamakan,  adat dan keamanan yang kuat turut bersatu padu dalam menyukseskan yadnya yang diharapkan oleh masing-masing pasemetonan.  inilah bukti nyata masyarakat Bangli tetap menjaga rasa persaudaraan dan saling menghormati satu sama lain sehingga, keharmonisan hidup bermasyarakat dalam beryadnya dapat berjalan lancar, diberikan keselamatan untuk kita semua dan pemerintah kabupaten akan selalu hadir ditengah-tengah untuk masyarakat,” tegas Wabup Diar.

Ditegaskan kembali Wabup Diar, Dengan adanya berbagai pasemetonan yang telah tertata dan terdata rapi di Kabupaten Bangli I pun berharap, tentunya pasemetonan ini bukan bukan berarti  mengkotak kotakan masyarakat di Kabupaten Bangli, akan tetapi menjadi satu kesatuan bagian yang kuat untuk Kabupaten Bangli, dengan cara pengkoordiniran masing-masing pasemetonan melalui proses komunikasi yang baik dan sejalan, penuh sinergitas dan mengutamakan kepentingan bersama. “Niscaya Bangli akan tetap aman damai dan pembangunanpun akan selalu berjalan sesuai visi dan misi Kabupaten Bangli,” pungkasnya

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Pura Dalem Pande Desa Adat Apuan I Made Sugita mengatakan upakara yang digelar untuk Ida Bhatara yang berstana Pura Dalem Pande ini bertujuan untuk keselamatan dan kerahayuan jagat. “Upacara yang terselenggara ini berkat 40 KK pengempon pura, disamping adanya dukungan penuh warga masyarakat setempat dan dari mahasemaya Warga pande dari tingkat provinsi sampai Kabupaten,” ujarnya.

Mewakili warga pande setempat, Iapun menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Wakil Bupati Bangli yang turut hadir ditengah-tengah warga yang lagi melaksanakan serangkaian upakara. ia berharap dengan adannya kehadiran sosok pemimpin yang hadir ditengah-tengah kegiatan upacara adat masyarakat dapat menumbuhkan jiwa yang kuat untuk menjaga nilai-nilai luhur adat, agama dan budaya. “Sosok seperti inilah yang menjadi panutan kita Bersama,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Kabupaten Bangli, Camat Susut,Perbekel Apuan, Bendesa Apuan,Ketua MSWP Provinsi dan Kabupaten. (Rls/BB)