Unud Seleksi 16 Kandidat Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2024

  26 Januari 2024 PENDIDIKAN Denpasar

Foto: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Udayana Tingkat Universitas Tahun 2024 Diikuti 16 Peserta, Jumat (26/1/2024). Sumber: Universitas Udayana.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Seleksi Internal Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Tahun 2024. Seleksi berlangsung selama dua hari dari tanggal 25-26 Januari 2024, bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Gedung Fakultas Teknik Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (26/1/2024).

Acara pembukaan seleksi internal ini turut dihadiri Kepala Biro Kemahasiswaan dan Jajaran terkait, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Ketua dan Sekretaris Pusat Kreativitas dan Penalaran serta Tim Juri dan undangan lainnya. 

Seleksi Pilmapres ini diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari 14 orang peserta dari program Sarjana dan 2 orang dari program Diploma. Proses seleksi terdiri dari penjurian prestasi Gagasan Kreatif (GK)/PI, pemeriksaan berkas interview CU (Capaian Unggulan) serta test interview Bahasa Inggris.

Ketua Unit Penalaran dan Kreativitas Dr. Ns. Putu Ayu  Sani Utami sekaligus sebagai Ketua Pelaksana dalam pembukaan acara ini menyampaikan seleksi internal ini dilakukan dalam rangka memilih mahasiswa yang akan diikutkan atau berlaga di tingkat wilayah maupun nasional. Peserta yang ikut berjumlah 16 orang, terdiri dari 14 orang dari program sarjana dan 2 orang dari program diploma. 

Para peserta ini mewakili berbagai fakultas yang ada di Universitas Udayana. Untuk skema seleksi ini akan berlanjut di tingkat wilayah sekitar bulan Mei dan seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan dibulan Juli 2024. Skema tahun 2024 ini  agak berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat beberapa kelemahan yang dialami atau dihadapi di tahun lalu.

Tahun lalu dilakukan seleksi di  bulan April, dan melihat persiapan tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga kegiatan seleksi ini dimajukan menjadi bulan Januari dan penerimaan mahasiswa sudah dilakukan sejak bulan Oktober tahun lalu, sehingga diharapkan punya cukup waktu untuk melakukan pendampingan dan penguatan. 

Untuk perekrutan mahasiswa tahun 2025 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September. Pihaknya berharap bantuan para Wakil Dekan untuk membantu menginformasikan kepada mahasiswa, sehingga persiapan Pilmapres bisa dilakukan lebih dini.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar, mahasiswa yang terpilih pada kegiatan Pilmapres ini benar-benar bisa merepresentasikan Universitas Udayana kedepannya," ucapnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. I Ketut Sudarsana dalam sambutannya menyampaikan proses ini telah kita lakukan hampir tiap tahun, tentu banyak hal yang harus kita perbaiki dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya. 

Mahasiswa berprestasi dari Unud akan menjadi role model walaupun yang dikirim hanya satu yang menjadi wakil Universitas Udayana. Walaupun hanya satu prestasi yang ada, akan tetapi pengaruhnya sangat besar sekali dalam mengangkat institusi ditingkat regional maupun nasional. 

Ini semua bukan kegiatan instan, namun memiliki sebuah proses. Untuk kedepan mari di masing-masing fakultas anak didik yang berpotensi tidak hanya di IPK tetapi yang lebih ditonjolkan adalah aktivitas dan kreativitas, sehingga nanti akan dinilai dari berbagai potensi baik itu capaian unggulan maupun yang lainnya. 

Ditahun sebelumnya mahasiswa juga sempat ditanyakan apakah sudah memiliki bisnis atau keterlibatan dalam sebuah NGO. Pihaknya mengajak para Wakil Dekan untuk berdedikasi agar mahasiswa bisa masuk kedalam semua kegiatan itu.

"Prestasi kita ditingkat nasional adalah runner up kedua, jadi rangking 5 mudah-mudahan tahun ini kita bisa naik tidak menjadi runner up tetapi menjadi nomor satu di Indonesia", ujar Wakil Rektor.

Wakil Rektor berharap unit yang terkait dapat mengawal hal ini. Pihaknya juga telah berupaya mencarikan sumber pendanaan untuk menunjang hal ini. (BB/212)

Sumber: Unud.ac.id