Untuk Kecerdasan Otak, Bupati Sedana Arta Serukan Gemarikan di Bangli

  30 Mei 2023 KESEHATAN Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Gerakan memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Bangli yang dilaksanakan di SMPN 2 Bangli, selasa, 30/05/2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua Forikan Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Kabupaten Bangli Ny. Suciati Diar, Ketua DWP Bangli Ny. Ida Ayu Suardini Giri Putra, Kepala Dinas PKP kabupaten Bangli, I Wayan Sarma, OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli, Kepala SMP N 2 Bangli, Camat Bangli dan Undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangli I Wayan Sarma dalam kesempatan ini melaporkan bahwa, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama anak – anak sekolah sebagai generasi penerus bangsa untuk sejak dini gemar mengkonsumsi ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan.

Sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Kegiatan yang kita lakukan hari ini merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan yang dimulai  sejak Bulan April 2023, berupa penyerahan paket ikan segar sebanyak 1.000 paket pada siswa SMP di Kabupaten Bangli, dengan jumlah peserta  sebanyak 1.000 orang, terdiri dari siswa SMP N 2 Bangli 291 orang, siswa SMP N 5 Bangli 146 orang, siswa SMP N 2 Susut 192 orang, siswa SMP N 3 Susut 95 orang, siswa SMP N 5 Kintamani 85 orang, siswa SMP N 2 Tembuku 141 orang, Anak Stunting Desa Bayung Gede 24 orang, Anak Stunting Desa Selulung 15 orang dan Anak Stunting Kelurahan Kubu sebanyak 11 orang.

“Mengingat pentingnya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat dalam rangka peningkatan status gizi masyarakat untuk membentuk bangsa yang sehat, kuat dan cerdas, sehingga kegiatan ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan pembangunan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali “Nangun Sad Kertih Loka Bali menuju Bangli Era Baru”.  dengan harapan tingkat konsumsi ikan masyarakat Bangli pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya akan meningkat,” terangnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) perlu terus ditingkatkan, mengingat ikan merupakan bahan pangan yang murah, mudah didapat merupakan sumber makanan bergizi tinggi karena mengandung omega 3 yang sangat berguna untuk kecerdasan otak, selain itu mengandung protein, vitamin, mineral serta memiliki kandungan kolesterol yang rendah.

“Pentingnya makan ikan untuk peningkatan gizi masyarakat terutama pada anak-anak untuk mencegah stunting, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel otak, kesehatan mental maupun fisik,” jelasnya.

Ditambahkannya, Gemarikan dapat dimulai dari keluarga dimana anak –anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan yang banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk menggugah minat yaitu dengan mengubah dan merekayasa bentuk masakan ikan menjadi olahan lain yang lebih menarik seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan, kerupuk ikan dan lain sebagainya.

“Sehingga dengan meningkatnya konsumsi ikan dimasyarakat saat ini berimbas pada peningkatan kebutuhan ikan segar maupun produk olahan yang berbahan ikan. Hal ini sudah barang tentu akan berdampak secara tidak langsung bagi usaha dan kesejahteraan petani/kelompok pembudidaya ikan.

Peluang ini hendaknya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama pelaku usaha perikanan maupun pengolah hasil perikanan untuk meningkatkan produknya. Untuk itu diharapkan kepada petani/kelompok pembudidaya ikan dan pelaku usaha perikanan untuk semakin mengintensifkan usaha yang digeluti agar bisa bersaing di era global,” ujarnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat pembudidaya ikan di Danau Batur agar tetap memperhatikan daya dukung dan kelestarian lingkungan agar keberadaan Danau ini tetap terjaga dan lestari  untuk kita wariskan kepada anak cucu kita. Imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga diisi kegiatan penyuapan olahan ikan oleh Ketua Forikan Kabupaten Bangli kepada Balita, Penyerahan hadiah oleh Bapak Bupati Bangli kepada pemenang lomba video dalam mengolah ikan yang diikuti siswa SMP dan lomba ketangkasan yang diikuti oleh siswa SMP. (Rls/BB)