Udayana Mengabdi di Desa Kutuh, FKP Unud Sosialisasi Sistem Kantong Budi Daya Rumput Laut

  26 Agustus 2022 PENDIDIKAN Badung

Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana melalui Program Udayana Mengabdi melakukan sosialisasi tentang penggunaan sistem kantong pada budidaya rumput laut

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Pandemi covid-19 memberikan dampak buruk terhadap industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sejak Februari 2020, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis dan banyak objek wisata di Indonesia dan Bali khususnya menghentikan kegiatan operasional selama pandemi covid-19.

Salah satu objek wisata di Bali yang mengalami dampak buruk akibat adalah pandemi covid-19 adalah Pantai Pandawa dan Pantai Gunung Payung yang terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Salah satu alternatif mata pencarian yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Desa Kutuh adalah budi daya rumput laut. Hal ini didukung oleh potensi perairan di Desa Kutuh yang sesuai untuk kegiatan budidaya perairan dan masyarakat Desa Kutuh sebelumnya merupakan pembudidaya rumput laut.

Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana melalui Program Udayana Mengabdi melakukan sosialisasi tentang penggunaan sistem kantong pada budidaya rumput laut. Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi hasil penelitian dosen yang ingin diaplikasikan pada masyarakat. Anggota tim pengabdian ini adalah Ir. I Wayan Restu, M.Si, Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si., M.Si , Ayu Putu Wiweka Krisna Dewi, S.S.T.Pi., M.P, Gde Raka Angga Kartika,S.Pi.,M.P, dan Ni Made Ernawati, S.Kel., M.Si.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang penggunaan sistem kantong pada budi daya rumput laut dan mengajak kembali masyarakat untuk melakukan budidaya rumput laut.

Kegiatan sosialisasi dilakukan di Aula Pantai Gunung Payung yang dihadiri oleh 20 orang masyarakat Desa Kutuh yang merupakan eks petani rumput laut. Jro Bendesa Adat Kutuh, I Nyoman Mesir menyambut baik kegitan ini.

Dia mengatakan bahwa dulunya Desa Kutuh merupakan daerah penghasil rumput laut dan merupakan mata pencarian utama masyarakat Desa Kutuh. Namun, sejak pariwisata berkembang di Desa Kutuh, masyarakat mulai beralih menjadi pelaku pariwisata.

“Melalui program ini diharapkan masyarakat ada yang mulai lagi membudidayakan rumput laut,“ ucap Nyoman Mesir.

Selanjutnya I Wayan Restu menyatakan, budi daya rumput laut dapat dijadikan sebagai salah satu paket wisata yang ditawarkan untuk wisatawan. “Budi daya rumput laut dapat dikemas menjadi wisata edukasi yang menawarkan wisatawan untuk menanam rumput laut pada kantong-kantong penanaman, memanen rumput laut dan selanjutnya melakukan pengolahan rumput laut menjadi makanan, kosmetik ataupun bioplastik,” ungkap Restu.

Materi penggunaan kantong diberikan oleh ketua tim pengabdian, Ayu Putu Wiweka Krisna Dewi, S.S.T.Pi. Materi yang disampaikan seputar potensi pengembangan rumput laut di Desa Kutuh, kendala dalam pengembangan budidaya rumput laut dan penggunaan kantong dalam budidaya rumput laut.

Masyarakat menyambut baik kegiatan ini. Hal ini terlihat dalam pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan peserta saat sesi diskusi. Salah satu peserta sosialisasi, Ni Komang Ardiani menyatakan bahwa dirinya sangat tertarik untuk melakukan budidaya rumput laut lagi namun dia menyatakan sulit untuk memulainya kembali karena sudah bekerja menjadi karyawan toko. Diharapkan dengan sistem kantong dia dapat membudidayakan rumput laut dan tetap bekerja sebagai karyawan toko.

Sebagai penutup, Jro Bendesa Adat Kutuh menyatakan bahwa Tim Udayana Mengabdi diharapkan dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan I Wayan Letra selaku manajer Pantai Pandawa untuk mengembangkan wisata edukasi budidaya rumput laut.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id