Ubah Paradigma, Peringatan Mayday di Jembrana Digelar Fun

  01 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Peringatan Hari buruh (May Day) yang biasanya diperingati dengan demo turun ke jalan, di Kabupaten Jembrana sendiri digelar secara fun (bahagia). Berlangsung selama dua hari ( 30 April -1 Mei 2023 ) kegiatan mayday diisi dengan berbagai kegiatan positif dengan konsep 'mayday is fun'.

Kegiatan sinergi antara Tri Partit (pemerintah, pengusaha dan serikat buruh) itu diisi dengan hiburan yang menampilkan artis Bagus Wirata dan Jegeg Bulan pada Minggu (30/4). Sementara pada puncak perayaannya Senin (1/5) ada jalan santai, senam sehat, donor darah, job fair, pengecekan kesehatan gratis serta pasar murah melibatkan UMKM di Jembrana.

Rangkaian acara tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh warga Jembrana. Terlihat dalam setiap acara dipenuhi masyarakat yang antusias mengikuti. Selain itu penghargaan berupa piagam juga turut diberikan kepada para pengusaha serta ratusan sembako gratis bagi para buruh.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang turut mengikuti rangkaian acara peringatan hari buruh tersebut menyampaikan penyelenggaraan Mayday di kabupaten Jembrana sengaja diperingati dengan penuh kebahagiaan. "Yang biasanya hari buruh itu diperingati dengan demo, kita di Jembrana bikin berbeda secara fun penuh suka cita," ujarnya.

Ditambahkan Bupati, peringatan hari buruh secara fun tanpa ada aksi demo, perlahan akan merubah paradigma lama. Mengubah dan meninggalkan paradigma lama. "Buruh sudah capek bekerja, tidak perlu turun kejalan. Momen ini kita pakai untuk menyatukan pikiran, duduk bersama berdiskusi bersama mencari solusi terbaik bagi para buruh,"ucapnya.

Sementara Ketua KSPSI Provinsi Bali Wayan Madra, mengapresiasi kesempatan yang diberikan Bupati Jembrana untuk bersama sama merayakan mayday.Ia menegaskan sikap organisasi, bahwa buruh tidak akan turun jalan, tetapi akan duduk bersama dengan serikat pekerja.

“Harapan kami selaku serikat pekerja kondisi yang lebih baik karena setelah pandemi sebelumnya bagaimana dampaknya terhadap ekonomi. Kami tentu berharap kondisi yang ada bisa terus membaik dan investasi terus tumbuh. Di Jembrana sendiri saya kira sudah baik tentu kedepan kita harapkan investasi terus tumbuh, ekonomi meningkat dan tentu masyarakat bisa bekerja,“ tutupnya. (Rls/BB)