Ternyata, Ini lho "Awal Mula" Kata 'Halo' pada Sambungan Telepon

  11 September 2017 OPINI International

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Ada kata yang wajib diucapkan jika pertama kali kita menerima atau melakukan panggilan telepon. Ya, kata 'Halo' menjadi awal pembicaraan ketika berbicara pada sambungan telepon yang biasa kita lakukan setiap hari.

Kata ‘halo’ pun sudah identik dengan ponsel atau telepon umum. 'Halo' memang terdengar sederhana. Namun muncul dan jamaknya penggunaan kata 'halo' cukup unik. 

Dilansir dari laman Wired, kata 'halo' dalam perbincangan telepon pertama kali dikenalkan oleh Thomas Edison pada 15 Agustus 1877. Saat itu Thomas itu mengucapkan kata 'halo' untuk merespon pembicaraan lawan bicaranya di telepon, Presiden Telegraph Company. 
 
 
Edison menjawab kata 'halo' untuk merespons suara lawan bicaranya tersebut. Edison menggunakan kata 'halo' bukan kata 'ahoy'. 'Ahoy' seperti yang diperkenalkan oleh sang penemu telepon, Alexander Graham Bell saat pertama kali melakukan panggilan telepon tercipta. 
 
Pada panggilan telepon pertama kali pada 10 Maret 1876, Bell memanggil asistennya, Thomas Watson yang berada di ruangan di Boston, Amerika Serikat. Watson mendengar panggilan telepon Bell yang memintanya untuk menemuinya.
 
 
"Watson, ke sini. Saya butuh kamu," ujar Bell dalam percobaan panggilan telepon saat itu dikutip dari laman Library of Congress. Setelah panggilan pertama itu, Bell mengusulkan kata untuk merespons panggilan dengan kata 'ahoy, ahoy'. Tapi alih-alih meneladani Bell, Edison menggunakan kata ‘halo’.
 
Kata 'halo' kala itu memang bukan kata yang baru. Kata tersebut sudah dipakai untuk memerintahkan anjing berburu. Kata itu juga dipakai orang kala itu untuk berteriak kepada orang lain dari kejauhan.
 
Sebelum 1877, kata halo sudah diperkenalkan sang pengelana Mark Twain dalam catatannya Roughing It, yang diterbitkan empat tahun sebelum Bell ,menciptakan panggilan pertama telepon. Enam tahun setelah kata 'halo' dipakai Edison dalam merespons panggilan telepon, kata tersebut masuk ke dalam kamus.(BB/Acom).