Teliti Layanan Air, Dosen Untab Gusti Yasmita Raih Doktor FEB Unud

  09 Februari 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Promovenda I Gusti Ayu Lia Yasmita,S.T.,S.E., M.Si. merupakan Dosen Universitas Tabanan dan berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Air minum merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Hal yang menjadi konsentrasi dalam pemenuhan air minum di masyarakat adalah dengan menyediakan sistem pengelolaan yang baik. Kabupaten Karangasem sebagai lokasi penelitian saat ini dengan jumlah cakupan layanan PDAM tahun 2021 sebesar 53 persen, dengan cakupan layanan PDAM paling rendah diantara kabupaten/kota di Provinsi Bali. 

Pada hari yang berbahagia ini, promovenda I Gusti Ayu Lia Yasmita, S.T.,S.E., M.Si.mengangkat tema : Determinan Keberlanjutan Layanan Air Minum Berbasis Masyarakat Dan Kearifan Lokal Di Kabupaten Karangasem. Penelitian ini bertujuan menganalisis: partisipasi masyarakat, peran pemerintah,teknologi, mutu modal manusia, Implementasi danu kerthi, GCG dan Keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat di Kabupaten Karangasem. 

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi, mutu modal manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap GCG; 2) Partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat, namun mutu modal manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan layanan air minum berbasis masyarakat; 3) Pengaruh GCG memediasi variabel Partisipasi masyarakat, peran pemerintah, teknologi dan mutu modal manusia, dengan jenis full mediation; 4) variabel implementasi danu kerthi memoderasi positif dan signifikan terhadap variabel mutu modal manusia keberlanjutan layanan.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara Offline, dimana Promotor dari Promovenda ini adalah Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P., serta Kopromotor Dr. Made Heny Urmila Dewi S.E., M.Si. dan Kopromotor II adalah Dr. Nyoman Mahaendra Yasa, S.E., M.Si. Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koprodi, Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P. Promovenda merupakan Dosen Universitas Tabanan dan berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2551-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-I-GUSTI-AYU-LIA-YASMITA-S-T-S-E-M-Si-PROGRAM-STUDI-DOKTOR-ILMU-EKONOMI-FAKULTAS-EKONOMI-DAN-BISNIS-UNIVERSITAS-UDAYANA.html