Tanggulangi Penyebaran PMK, Fapet Unud Bentuk Tim Satgas

  11 Juli 2022 KESEHATAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Dalam upaya menanggulangi penyebaran di Provinsi Bali, Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) turut ambil tindakan dengan membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) PMK bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dan Sub Bagian Peternakan di seluruh daerah Provinsi Bali. 

Sebelum membentuk Tim Satgas, Fapet Unud melaksanakan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Rapat ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Peternakan Unud, Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS, IPU., Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua ISPI Bali, UP2M, UPIKS, dosen, BEM, dan mahasiswa tingkat akhir Fapet Unud. 

Dekan memulai rapat dengan menjelaskan bahwa, “PMK saat ini telah menjadi fokus utama di Provinsi Bali khususnya di bidang yang luas, karena kemungkinan penyebaran PMK yang semakin meluar. Menyikapi hal tersebut, Fapet Unud perlu membentuk Tim Satgas untuk ikut andil dalam mengatasi permasalahan ini”.

Tim Satgas terdiri dari para ahli, dosen, dan mahasiswa Fapet Unud yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan menyasar para peternak sapi, kambing, dan ternak lainnya yang memiliki kemungkinan untuk ikut terjangkit penyakit ini. 

“Pelaksanaan kegiatan ini oleh Satgas PMK Fapet Unud akan dilaksanakan dengan melakukan pendekatan melalui sosialisasi PMK bersama dengan Dinas maupun edukasi dengan melaksanakan sosialisasi mandiri melalui pengabdian. Topik yang rencananya akan disampaikan adalah dengan fokus pada manajemen pemeliharaan yang baik untuk mencegah penyebaran PMK,” ujar Dekan. 

Sasaran lokasi dalam pelaksanaan kegiatan ini rencananya tidak hanya menyasar wilayah yang muncul PMK tetapi juga wilayah yang mungkin atau belum terjangkit penyakit ini. Dalam upaya memaksimalkan pencegahan dan pengendalian penyakit PMK di Provinsi Bali.

Fapet Unud rencananya juga akan memanfaatkan para mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode Unud Juli-Agustus dengan penyebaran selebaran SOP Protokol Kesehatan Pemeliharaan Hewan Rentan PMK serta Penguatan Manajemen Pemeliharaan Ternak sebagai Upaya Pencegahan PMK. 

Selain penyebaran leafet, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pemberian edukasi juga rencananya akan dilaksanakan dengan memberikan kepada peternak seperti pembuatan silase, pembuatan pakan bernutrisi tinggi untuk meningkatkan imun ternak, pembuatan dan pelaksanaan biosekuriti dengan eco-enzyme, dan pelatihan penunjang lainnya.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1354-Menanggulangi-Penyebaran-Fapet-Unud-Membentuk-Tim-Satgas-PMK.html