Tangani Sampah Laut, FKP Unud Tandatangani Kontrak Bersama dengan Balitbang Kabupaten Badung

  03 Maret 2023 PENDIDIKAN Badung

Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana, Selasa (3/7/202) melakukan penandatanganan kontrak bersama dengan Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kabupaten Badung terkait kajian penanganan sampah laut di wilayah pesisir laut Kabupaten Badung.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana, Selasa (3/7/202) melakukan penandatanganan kontrak bersama dengan Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kabupaten Badung terkait kajian penanganan sampah laut di wilayah pesisir laut Kabupaten Badung.

Penandatanganan kontrak dari pihak Fakultas Kelautan dan Perikanan diwakili oleh Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si. selaku Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, sementara dari pihak Balitbang Badung diwakili oleh I Komang Suantara, S.H., M.Si. selaku Kepala Bidang Pembangunan, Inovasi dan Teknologi. 

Kajian penanganan sampah laut ini didasari dari permasalahan yang selalu dialami oleh Kabupaten Badung setiap musim barat (musim penghujan), dimana sampah yang dominan didapat di pantai Kuta dan sekitarnya antara lain sampah plastik dan kayu. 

Selanjutnya, untuk kegiatan penanganan sampah laut ini akan dilaksanakan selama enam bulan ke depan, dengan I Gede Hendrawan, S.Si.,M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan I Fakultas Kelautan dan Perikanan yang sekaligus memiliki keahlian penelitian dalam bidang sampah laut dan lingkungan pesisir. 

I Gede Hendrawan pada kajian ini akan menjadi koordinator peneliti dalam pelaksanaan kajian penanganan sampah laut di wilayah pesisir laut Kabupaten Badung dengan tim dosen di lingkungan FKP yaitu Prof. I Gusti Bagus Sila Dharma, Ir. Ngurah Putra Dirgayusa, M.Si, Putu Satya Pratama, S.Kel, M.Si, Ni Luh Gde Rai Ayu Saraswati, S.Pi, M.Env.Sc, dan Putu Yogi Darmendra S,Si, M.Sc.

Dengan dilaksanakannya kerjasama ini diharapkan dapat meminimalisir permasalahan sampah laut yang terdampar di wilayah pesisir Kabupaten Badung, khususnya pada saat musim barat.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/